Psikolog ingatkan masyarakat tentang delapan fungsi keluarga

id psikolog,anak,fungsi keluarga,berita sumsel, berita palembang

Psikolog ingatkan masyarakat tentang delapan fungsi keluarga

Tangkapan layar pakar psikologi HIMPSI Weni Endahing Warni dalam acara kelas Orang Tua Hebat Seri 10 disiarkan secara daring di Jakarta, Kamis (19/10/2023) (ANTARA/Muzdaffar Fauzan)

Jakarta (ANTARA) - Pakar psikologi Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Weni Endahing Warni mengingatkan delapan fungsi keluarga yang mesti diperhatikan oleh masyarakat, khususnya para orang tua, dalam mendidik atau mengasuh anak.

Sebanyak delapan fungsi tersebut, yakni fungsi sebagai lingkungan, agama, cinta kasih sayang, perlindungan, sosial dan budaya, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, serta ekonomi.

"Setiap fungsi ini harus dijadikan bahan introspeksi bagi orang tua," ujarnya dalam acara kelas Orang Tua Hebat Seri 10 disiarkan secara daring di Jakarta, Kamis.

Ia menjelaskan fungsi pemberian cinta kasih pada anak akan membentuk karakter penyayang serta tinggi empati.

Selain itu, katanya, memberikan pujian kepada anak penting guna memberikan kesan bahwa sang anak memiliki keluarga yang penuh perhatian dan kasih sayang.

Ia menjelaskan fungsi memberi perlindungan akan lebih terasa apabila orang tua sering melakukan komunikasi dua arah dengan anak. Hal ini guna mengetahui apa yang disukai dan tak disukai oleh anak-anak.