Festival Seni Agam hadirkan alat musik usia 200 tahun

id festival seni agam,tradisi minangkabau,nagari tabek panjang,gandang tigo,festival budaya,sumatera barat,berita sumsel, berita palembang

Festival Seni Agam hadirkan alat musik usia 200 tahun

Penampilan seni Gandang Tigo (Gendang Tiga) di Festival Seni Tabek Panjang Art Show Sumatera Barat, Rabu (20/9/2023). Antara/Altas Maulana.

Lubuk Basung,- (ANTARA) -
Ribuan warga di Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), mengikuti Festival Pentas Seni Nagari Tabek Panjang Art Show 2023 dengan menampilkan alat musik tradisional berusia 200 tahun.
 
"Ini festival seni kedua kalinya digelar dengan ikon alat musik tradisional asli Nagari Tabek Panjang yang disebut Gandang Tigo yang sudah ada sejak 1830, keseluruhan kegiatan ditujukan sebagai wadah mengangkat kembali tradisi Minangkabau," kata Wali Nagari (Kepala Desa) Tabek Panjang, Dony Suhendri, Rabu.
 
Selain Gandang Tigo (Gendang Tiga), dalam kegiatan yang dihelat selama dua hari itu, juga menampilkan puluhan grup kesenian, lomba tari dan lagu daerah, festival rebana dan tambua serta pawai alegoris.
 
"Festival seni yang diselenggarakan diharapkan dapat mengedukasi sejarah kepada generasi muda di Sumbar. Banyak yang terlupakan oleh anak muda saat ini. Kegiatan seni ini agar budaya adat tidak hilang ditelan zaman," katanya.
 
Sesuai namanya, Gandang Tigo (Gendang Tiga) dimainkan oleh tiga orang yang merupakan generasi keempat dari pemilik alat musik yang diklaim satu-satunya di Indonesia.
 
Gandang Tigo merupakan alat musik yang dimainkan dengan dipukul, menyerupai alat musik talempong dengan memiliki nada unik yang hanya bisa dimainkan pada acara sakral daerah setempat.