Palembang tuan rumah Olimpiade Sekolah PGRI tingkat nasional

id Olimpiade Sekolah PGRI, pgri, olimpiade, olimpiade sekolah tingkat nasional, olimpiade sekolah pgri perdana, Palembang t

Palembang tuan rumah Olimpiade Sekolah PGRI tingkat nasional

Ketua Umum Pengurus Besar PGRI Unifah Rosyidi seusai pembukaan Olimpiade Sekolah PGRI di Palembang, Kamis (7/9) (ANTARA/Yudi Abdullah/23)

Palembang (ANTARA) - Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) menggelar Olimpiade Sekolah PGRI tingkat nasional ke-1 di Palembang, Sumatera Selatan, diikuti 2.000 siswa tingkat SMP, SMA dan SMK dari seluruh Tanah Air.

"Olimpiade Sekolah PGRI untuk pertama kalinya itu digelar selama tiga hari di kompleks pusat tempat pertandingan olahraga Jakabaring Sport City (JSC) Palembang pada 7-9 September 2023," kata Ketua Umum Pengurus Besar PGRI Unifah Rosyidi seusai pembukaan Olimpiade itu di Palembang, Kamis.



Dia menjelaskan, Olimpiade Sekolah PGRI tingkat nasional itu bertujuan untuk mendorong semangat berkarya, berprestasi, bersilaturahmi, serta bentuk tanggung jawab pengelola sekolah swasta terhadap mutu pendidikan di Indonesia.

"Kegiatan ini untuk mengatakan ke Indonesia, bahwa PGRI ada, berkomitmen, bermutu, serta merupakan bagian dari sejarah tentang memajukan lembaga pendidikan di Tanah Air," ujarnya.



Dia menambahkan, sebanyak 2.000 siswa dari seluruh Indonesia bersaing pada fase prakualifikasi dan diambil 500 orang yang lolos ke final untuk bersaing selama berlangsungnya Olimpiade Sekolah PGRI di Palembang ini.

Melalui Olimpiade Sekolah PGRI yang dijadwalkan rutin setiap tahun itu, diharapkan dapat membuka jaringan kerja (network), sehingga para siswa dan guru dapat lebih luas lagi untuk berkarya dan berprestasi.

"Olimpiade sekolah ini akan menyajikan siswa berprestasi dan memberikan kesempatan kepada pemerintah daerah se Indonesia untuk mengembangkan potensi prestasi siswa yang ada di Indonesia," ujarnya.



Terpilihnya Sumsel menjadi tuan rumah Olimpiade perdana itu, sebagai apresiasi atas lembaga pendidikan Sumsel yang sudah baik.

"Biasanya untuk pendidikan ini dipusatkan di Jawa, namun kita apresiasi ke luar Jawa di Sumsel atas potensi dan prestasi pendidikan yang sudah baik," kata Ketua Umum PGRI Unifah.



Sementara Kepala Bidang Humas Universitas PGRI Palembang Mulyadi menjelaskan, ada 15 tangkai lomba pada ajang nasional itu.

Perlombaan yang diikuti ribuan siswa SMP, SMA dan SMK PGRI di seluruh Indonesia itu terdiri dari matematika, IPA, fisika, biologi, kimia, bisnis plan, karya yulis, pidato ke PGRI-an dalam Bahasa Inggris, 'news reading in english'.

Kemudian tari kreasi tradisional, poster, film pendek, catur cepat, penyusunan RPP berbasis IT, dan praktik pengembangan bagi kepala sekolah, kata Mulyadi.