3.000 wanita akan meriahkan puncak Bulan Bung Karno dengan tari kecak

id Puncak Bulan Bung Karno,Guruh Soekarno,PDIP,Tari Kecak

3.000 wanita akan meriahkan puncak Bulan Bung Karno dengan tari kecak

Putra bungsu Bung Karno Mohammad Guruh Irianto Soekarnoputra alias Guruh Soekarno saat gladi kotor puncak peringatan Bulan Bung Karno di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (22/6/2023). ANTARA/Narda Margaretha Sinambela

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 3.000 penari akan menarikan tari kecak, tarian khas Bali, dalam acara peringatan Bulan Bung Karno (BBK) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Sabtu (24/6).
 
Tari kecak tersebut dipersembahkan oleh putra bungsu Bung Karno, Mohammad Guruh Irianto Soekarnoputra alias Guruh Soekarno.
 
"Saya mungkin mengingatkan dahulu, ya, saya di sini menyiapkan suatu cabang kesenian dari Bali, tari kecak. Pasti semuanya sudah tahu. Tari kecak itu di Bali 'kan biasanya ditarikan oleh pria. Akan tetapi, kali ini ditarikan semuanya oleh 3.000 wanita," kata Guruh Soekarno saat gladi kotor puncak peringatan Bulan Bung Karno di GBK, Kamis.
Apa yang dipersembahkannya dalam acara ini, kata dia, merupakan hal yang tak biasa. Pasalnya, tari kecak itu akan dilakukan seluruhnya oleh wanita.
 
Diungkapkan oleh Guruh bahwa tarian ini pernah dilakukan oleh sang Proklamator RI pada tahun 1958 hingga pagelaran Asian Games 1962.

Tarian kecak yang ditarikan oleh wanita berawal dari ide Bung Karno mulai 1958, kemudian berlanjut hingga Asian Games ke-4. Hal inilah yang membuat Guruh ingin melanjutkannya.
 
Meski begitu, Guruh juga diminta secara langsung oleh Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk menyiapkan tarian kecak pada acara BBK tahun ini. Tarian kecak ini akan diberi judul Soekarnoyana.