Kemenkumham Sumseltabur bunga di TMP Palembang sambut Hari Imigrasi

id Kakanwil Kemenkumham Sumsel, tabur bunga, tmp, ziarah, ziarah taman makam pahlawan, hari imigrasi, hari bhakti imigrasi, makam pahlawan Palembang

Kemenkumham Sumseltabur bunga di TMP Palembang sambut Hari Imigrasi

Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya pimpin upacara ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Ksatria Ksetra Siguntang Palembang, Selasa (24/1). (ANTARA/Yudi Abdullah/23)

Palembang (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham)  Sumatera Selatan, Ilham Djaya memimpin upacara ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Ksatria Ksetra Siguntang Palembang, Selasa. 

Kegiatan dalam rangka menyambut Hari Bhakti Imigrasi ke-73 yang puncaknya diperingati pada 26 Januari 2023 diikuti jajaran Kanwil Kemenkumham Sumsel dan seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) di wilayah Kota Palembang.

Pejabat jajaran Kanwil Kemenkumham Sumsel yang hadir dalam kegiatan tersebut di antaranya Kepala Divisi Keimigrasian, Herdaus,  Kepala Divisi Yankumham, Parsaoran Simaibang, Kepala Divisi Administrasi, Idris, dan Kepala Divisi Pemasyarakatan, Bambang Haryanto.

Sedangkan jajaran UPT di wilayah Kota Palembang yang hadir di antaranya Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Mohammad Ridwan, Kepala Lapas Palembang Yulius Syahruzah,  Kepala Rutan Palembang Bistok Oloan Situngkir, Kepala Lapas Perempuan Palembang Ike Rahmawati, Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Palembang, Hamdi Hasibuan, Kepala Bapas Palembang, Sudirwan, dan Kepala Rupbasan Palembang, Parulian Hutabarat.

Upacara ziarah dan tabur bunga itu diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan, dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga pada tugu makam pahlawan, serta tabur bunga di makam para pahlawan.

Menurut Kakanwil Ilham, ziarah dan tabur bunga ini untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur, juga untuk menumbuhkan nilai kepahlawanan seperti rela berkorban, pantang menyerah, dan cinta Tanah Air.

“Nilai kepahlawanan sebagai modal dasar untuk diimplementasikan dan  didayagunakan dalam membangun kinerja di Kemenkumham semakin 'Pasti dan Berakhlak', ujarnya.

Selain itu, Imigrasi sebagai penjaga pintu gerbang negara Indonesia dituntut untuk terus meningkatkan kinerja sesuai tema peringatan Hari Bhakti Imigrasi tahun ini yakni 'Imigrasi Baru Untuk Indonesia Semakin Maju'.

Sementara Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Mohammad Ridwan menambahkan dalam rangka menyambut Hari Bhakti Imigrasi ke-73 tahun ini, selain ziarah dan tabur bunga di makam pahlawan, pihaknya juga telah  melakukan  berbagai kegiatan sosial, olahraga bersama, dan pelayanan paspor simpatik. 

"Melalui momentum Hari Bhakti Imigrasi tahun ini, kami berupaya meningkatkan kepedulian sosial dan pelayanan keimigrasian terutama kepada masyarakat di enam wilayah kerja meliputi Kota Palembang,  Prabumulih, Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Banyuasin, dan Kabupaten Musi Banyuasin," ujar Ridwan.
Pewarta :
Editor: Syarif Abdullah
COPYRIGHT © ANTARA 2023