JBI dorong masyarakat tanam pohon produktif

id dorong masyarakat menanam pohon produktif, alpukat dan jahe, tingkatkan ekonomi, Jejak Bumi Indonesia OKU, bantuan 100 r

JBI dorong masyarakat tanam  pohon produktif

Pendiri Jejak Bumi Indonesia Kabupaten OKU, Hendra Setyawan menyiapkan bibit tanaman bantuan untuk mitra JBI, Kamis. (ANTARA/Edo Purmana/21)

Baturaja (ANTARA) - Jejak Bumi Indonesia (JBI) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mendorong masyarakat agar menanam pohon produktif seperti tanaman alpukat yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

"Termasuk menanam tanaman rempah-rempah seperti jahe, vanili dan kapulaga," kata Pendiri JBI Ogan Komering Ulu (OKU), Hendra Setyawan di Baturaja, Kamis.

Menurut dia, jenis tanaman ini selain memiliki nilai ekonomi cukup tinggi, untuk pemasarannya juga mudah.

Oleh sebab itu, JBI mengajak masyarakat khususnya mitra binaan, untuk menanam tanaman produktif di lahan mereka masing-masing.

Untuk mendorong masyarakat bercocok tanam, JBI OKU akan menyalurkan bantuan bibit tanaman produktif melalui gerakan tanam 100 ribu pohon yang akan dilaksanakan di sembilan kabupaten/kota di Sumsel pada Jumat (12/02).

"Bantuan bibit pohon ini kami salurkan agar mitra binaan JBI memiliki tanaman produktif guna meningkatkan perekonomian mereka," ujarnya.

Hendra menambahkan, saat ini JBI sudah memiliki mitra binaan yang tersebar di sembilan kabupaten/kota di Sumsel meliputi OKU, OKU Selatan, Lahat, Muaraenim, Empat Lawang, OKU Timur, Ogan Ilir, OKI dan Kota Pagaralam.

"Untuk luas lahan mitra binaan kami di sembilan kabupaten/kota tersebut saat ini sudah lebih dari 10 ribu hektare," katanya.