Dinkes OKU bentuk Forum Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

id Pembentukan forum germas, Dinas Kesehatan OKU, pola hidup bersih dan sehat, forum tingkat kecamatan, gerakan hidup sehat

Dinkes OKU bentuk Forum  Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Kepala Seksi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan OKU, Afua Amuri saat sosialisasi pembentukan forum Germas tingkat kecamatan, Sabtu. (ANTARA/Edo Purmana/21)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, membentuk Forum Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) tingkat kabupaten guna mengkampanyekan penerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Ogan Komering Ulu (OKU), Deddy Wijaya didampingi Kepala Seksi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat, Afua Amuri di Baturaja, Sabtu, mengatakan pembentukan Forum Germas ini untuk mendorong masyarakat agar berperlaku hidup bersih dan sehat supaya terhindar dari penyebaran penyakit menular maupun tidak menular.

Pembentukan forum ini berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 42 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dengan melibatkan 17 perangkat daerah mulai dari Dinkes, Pemuda Olahraga, Dinas Pertanian hingga Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten OKU.

Adapun tugas anggota yang terlibat dalam forum ini antara lain menyiapkan dan menyampaikan data informasi tentang pelaksanaan Germas, menganalisa masalah dan kebutuhan intervensi program berdasarkan pilihan alternatif

"Termasuk pemecahan masalah sesuai dengan kebutuhan potensi lokal," kata dia.

Forum Germas ini akan terjun langsung ke masyarakat untuk melaksanakan kegiatan mendukung klaster lingkungan sehat dan penggerakan dalam mendukung pangan sehat serta perbaikan gizi.

"Gerakan pangan sehat dan perbaikan gizi ini termasuk juga di dalamnya penanganan masalah stunting atau gizi buruk pada anak," kata dia.

Dengan dibentuknya Forum Germas tingkat kabupaten ini diharapkan dapat mengkampanyekan kepada masyarakat gerakan hidup bersih dan sehat agar terhindar dari penyakit menular maupun tidak menular.

Afua menambahkan Forum Germas ini juga akan dibentuk di seluruh kecamatan di Kabupaten OKU guna mendukung program pemerintah dalam mensukseskan gerakan hidup sehat hingga ke pelosok desa.

"Pembentukan forum tingkat kecamatan saat ini masih dalam tahap sosialisasi di 13 kecamatan di Kabupaten OKU," ujarnya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar