Presiden Jokowi tugaskan Luhut jaga investasi tidak minus lebihi lima persen

id Jokowi,Luhut Panjaitan,pemulihan ekonomi,investasi,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palembang

Presiden Jokowi tugaskan Luhut jaga investasi tidak minus lebihi lima persen

Foto udara proyek pembangunan Jembatan Teluk Kendari, Sulawesi Tenggara, Rabu (12/8/2020). Progres pengerjaan jembatan sepanjang 1.348 meter, yang akan jembatan terpanjang ketiga di Indonesia, telah mencapai 97 persen dan peresmiannya diagendakan oleh Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat. ANTARA FOTO/Jojon/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menugaskan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan untuk memperbaiki aliran masuk investasi agar pertumbuhannya tidak anjlok melebihi minus lima persen pada kuartal III 2020.

"Kalau tidak bisa plus, jangan sampai minus di atas lima persen," kata Presiden dalam rapat terbatas membahas laporan Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di Istana Merdeka, Jakarta, Senin.

Presiden berharap investasi dapat menjadi pendorong pemulihan ekonomi pada kuartal III 2020 agar pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) dapat berbalik menjadi positif, setelah terperosok minus 5,3 persen pada kuartal II 2020. Selain konsumsi domestik, investasi harus menjadi tumpuan.

Baca juga: Luhut: Indonesia masi butuh tenaga kerja asing karena SDM lokal tidak cukup
Baca juga: Pandemi bukan halangan kembangkan kawasan Danau Toba


"Saya minta Pak Menko Maritim bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi kita di kuartal ketiga, kuncinya selain konsumsi domestik, hanya satu yang penting lagi, jangan sampai investasi tumbuhnya minus di atas lima persen," ujar Presiden.

Pada kuartal II 2020, laju investasi terkoreksi hingga minus delapan persen. Hal itu juga yang membuat pertumbuhan ekonomi kuartal II jatuh ke minus 5,3 persen.

Presiden menuturkan dirinya juga sudah meminta Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia untuk memulihkan aliran investasi pada kuartal III 2020.

Baca juga: Luhut Pandjaitan tegaskan Indonesia tidak kompromi soal kedaulatan maritim

"Saya sudah ngomong banyak dengan Kepala BKPM, dan Bahlil sudah menyanggupi, ‘sanggup Pak Rp213 triliun’, ini betul-betul terealisasi, agar mendongkrak pertumbuhan kita karena itu satu kuncinya," tutur Jokowi.

Investasi harus terus digencarkan, kata Presiden, karena pemulihan daya beli masyarakat juga terkendala dengan situasi pandemi COVID-19 saat ini.

"Misalnya (okupansi) restoran hanya buka 50 persen, tempat wisata, okupansi hotel juga belum bisa tinggi, saya kira tidak apa-apa, tapi harus ada jurus lain yang bisa kita lakukan yaitu dengan meningkatkan investasi agar kuartal ketiga bisa mengungkit, saya kira kuncinya di investasi," jelas Presiden.