Satgas Korem Gapo Sumsel bersama warga padamkan empat karthutla besar

id karhutla, satgas korem gapo antsipasi karhutla, bersama masyarakat padamkam karhutla, satgas korem gapo atasi karhutla b

Satgas Korem Gapo Sumsel bersama warga padamkan empat  karthutla besar

Komandan Korem 044/Garuda Dempo (Gapo) Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji (ANTARA/Yudi Abdullah/20)

Palembang (ANTARA) - Satuan Tugas Korem 044 Garuda Dempo Sumatera Selatan dalam sepekan terakhir berhasil memadamkan empat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang tergolong besar di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir, Muara Enim dan Kabupaten Musi Banyuasin.

"Empat titik karhutla puluhan hektare di tiga wilayah kabupaten rawan karhutla yang terjadi dalam sepekan ini bisa ditangani dengan baik oleh satgas korem yang dibantu masyarakat setempat sehingga tidak menimbulkan kerusakan yang luas dan bencana kabut asap," kata Komandan Korem 044/Garuda Dempo (Gapo) Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji pada acara olahraga bersama anggota PWI Sumsel, di Makorem 044/Gapo di Palembang, Jumat.

Dia menjelaskan karhutla di sejumlah daerah rawan dalam provinsi dengan 17 kabupaten/kota itu relatif aman terkendali jika dibandingkan dengan bulan yang sama pada musim kemarau tahun 2019.

Karhutla relatif aman terkendali didukung kondisi kemarau tahun 2020 ini termasuk kemarau basah sehingga tidak terjadi kekeringan kawasan hutan dan lahan pertanian/pertkebunan yang parah.

Meskipun kondisi kemarau tahun 2020 ini masih terdapat cukup banyak hujan, kegiatan antisipasi karhutla yang berpotensi mengakibatkan bencana kabut asap yang dapat menimbulkan gangguan berbagai aktivitas dan kesehatan masyarakat perlu dilakukan secara maksimal.

Untuk mengantisipasi karhutla dan mencegah terjadinya bencana kabut asap, prajurit Korem 044 Gapo bersama jajaran kodim terutama di daerah rawan karhutla yang tergabung dalam Satgas Gabungan Karhutla Sumsel berupaya bahu membahu melakukan tindakan pencegahan.

Tindakan pencegahan yang dilakukan seperti melakukan pengawasan daerah yang terdeteksi BMKG melalui satelit yang terdapat titik panas agar tidak menjadi titik api yang dapat menghanguskan kawasan hutan dan lahan pertanian/perkebunan serta menimbulkan bencana kabut asap.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran dalam membersihkan dan membuka lahan baru pada musim kemarau ini.

Jika karhutla tidak bisa dicegah, Satgas Korem Gapo yang dilengkapi dengan peralatan pemadam api dan penemuan cara memadamkan kebakaran lahan gambut dengan sumber air terbatas diturunkan ke lokasi lahan yang terbakar.

Satgas Korem Gapo bersama tim gabungan unsur Polri, BPBD, Manggala Agni dan masyarakat relawan karhutla akan bekerja melakukan antisipasi karhutla di wilayah Sumsel yang sekarang ini diusulkan PSSI menjadi salah satu calon tuan rumah pertandingan sepak bola piala dunia U-20 pertengahan tahun 2021 secara maksimal, kata Jauhari.