BNI gelar pemeriksaan 2.000 orang tes swab secara gratis di Palembang

id BNI,BNI Palembang,tes swab BNI,COVID-19 palembang,COVID-19 sumsel,BUMN,BUMN di Sumsel,Satgas BUMN

BNI gelar pemeriksaan 2.000 orang tes swab secara gratis di Palembang

Petugas kesehatan mengambil sampel salah satu peserta pada Swab Test COVID 19 gratis BNI berbagi di Jakabaring Sport City Palembang, Sumsel, Senin (8/5/2020). (ANTARA/Feny Selly/UJ/20)

Total secara nasional, BNI menggelar tes swab bagi 30 ribu orang
Palembang (ANTARA) - Bank BNI menggelar pemeriksaan swab secara gratis bagi 2.000 orang di Kompleks Olahraga Jakabaring Sport City, Palembang, Senin, untuk membantu upaya pemerintah daerah dalam memerangi penyebaran COVID-19.

Head Of Region BNI Wilayah Palembang Dodi Widjajanto dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa Sumatera Selatan masuk dalam enam provinsi di Indonesia yang mendapatkan program tes swab secara gratis dari BNI, bersama Sumatera Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali.

“Total secara nasional, BNI menggelar tes swab bagi 30 ribu orang. Kemungkinan jumlah ini akan bertambah, karena ada dua provinsi lagi yakni Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan yang lagi tinggi (infeksi COVID-19) saat ini,” kata dia.

Peserta tes swab ini berasal dari beragam profesi, di antaranya karyawan swasta, tenaga medis, wartawan, masyarakat umum dan lainnya yang melakukan pendaftaran secara mandiri atau melalui institusi tempat bekerja.

Untuk menjalankan pemeriksaan itu di Palembang, BNI bekerja sama dengan maskapai penerbangan Garuda dan Laboratorium RS Bunda di Jakarta. Nantinya, sampel swab yang dikumpulkan pada hari ini akan dikirim ke Jakarta melalui pesawat terbang untuk diproses di laboratorium.

“Di lab kemungkinan 2-3 hari prosesnya. Bisa dikatakan total waktu yang dibutuhkan dari mulai tes hingga hasilnya diperoleh sekitar 5-7 hari,” kata dia.

Baca juga: IKA Unsri-BNI inisiasi tes swab 300 tenaga kesehatan Sumsel

Untuk mekanisme penginformasiannya, Dodi menjelaskan akan dikirimkan pesan singkat media sosial whatsapp bagi peserta yang dinyatakan negatif. Sementara bagi yang positif akan dihubungi oleh tim kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota Palembang atau Dinas Kesehatan Provinsi mengingat akan ditindaklanjuti dengan karantina.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya mengatakan pemprov sudah menyediakan fasilitas untuk karantina di Wisma Atlet Jakabaring Palembang.

“Bagi yang tanpa gejala akan dikarantina, bagi yang ada gejala akan langsung dirujuk ke rumah sakit,” kata dia.

Pada kesempatan tersebut, Mawardi mengapresiasi peran kalangan BUMN dalam membantu pemerintah mengatasi COVID-19.

“BNI sudah melakukan ini, saya berharap ada BUMN lain semisal melakukan swab untuk warga di Kenten dan Alang-Alang Lebar,” kata dia.

 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar