Rumah sakit di Sumsel diminta tambah ruang ICU

id Gubernur,rs, icu,kabar baik,berita baik,sembuh dari covid

Rumah sakit di Sumsel diminta tambah ruang ICU

Gubernur Sumsel Herman Deru saat pengarahan terkait penanganan COVID-19. ANTARA/Dok Humas Pemprov

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menginstruksikan manajemen rumah sakit di provinsi itu untuk menambah ruang "Intensive Care Unit" (ICU)
dalam upaya penanganan pasien terpapar COVID-19.

"Pemprov Sumsel tengah fokus melakukan berbagai cara guna penanganan pasien COVID-19, terlebih saat ini penularan wabah tersebut kian masif dari warga ke warga lainnya," kata Gubernur Herman Deru di Palembang, Rabu.

Penambahan ruang ICU agar rumah sakit  rujukan pasien COVID-19 dapat segera menangani pasien dalam kondisi kesehatannya menurun drastis.

"Saya intruksikan setiap rumah sakit menambah ruang ICU untuk perawatan para pasien itu. Tidak terkecuali, baik rumah sakit di Palembang maupun rumah sakit di kabupaten dan kota," kata gubernur.

Apalagi, keberlangsungan wabah COVID-19 ini tidak bisa diprediksi sampai kapan terjadi sehingga setiap langkah yang dilakukan harus selalu dievaluasi berdasarkan perkembangan corona.

"Kita dituntut untuk selalu siap. Kita tidak bisa memprediksi sampai kapan COVID-19 ini berakhir. Sebab itu, kita harus siap termasuk menambah ICU di rumah sakit ini untuk menampung jika pasien yang kondisinya memang menurun," kata dia.

Dia menjelaskan, penambahan ruang ICU tersebut bisa memanfaatkan atau mengalihkan ruangan lain yang masih bisa digunakan.

"Bisa mengalihkan ruangan lain menjadi ruang ICU misalnya atau mengubah UGD. Yang jelas ruang ICU di rumah sakit ini harus ditambah," kata gubernur.

Hal itu, lanjutnya, demi mendorong percepatan penanganan COVID-19 yang sekarang penyebarannya hingga kabupaten dan kota.