Dishub OKU Timur gunakan robot dalam pengujian kendaraan bermotor

id Uji kir kendaraan

Dishub OKU Timur  gunakan robot dalam  pengujian kendaraan bermotor

Sejumlah kendaraan dilakukan uji kir. (Antara/HO)

Martapura (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, menggunakan robot dalam melakukan pengujian kir kendaran bermotor bagi masyarakat di wilayah setempat.

"Unit Pengujian Kendaraan Bermotor (UPKB) Kabupaten OKU Timur sekarang sudah menggunakan robot dalam menguji kendaraan bermotor," kata Kepala Dishub OKU Timur, Syafindar melalui Kasi Pengujian Kendaraan Bermotor, Edy Thia di Martapura, Sabtu.

Menurut dia, hasil uji kir kendaraan menggunakan robot ini dinilai lebih akurat sehingga diberlakukan pihaknya dalam melakukan uji kir kendaraan bermotor.

"Namun masih ada juga petugas yang melakukan pengujian tambahan seperti pemeriksaan lampu dan klakson kendaraan," ungkapnya.

Dia menjelaskan selain lebih akurat penggunaan robot ini juga dinilai lebih cepat prosesnya dibandingkan peralatan sebelumnya.

"Setiap hari ada sekitar 10 kendaraan yang diuji Kir dengan Standar Pelayanan Minimum (SPM) pengujian membutuhkan waktu sekitar 30 menit," ujarnya.

Dia berharap dengan sistem peralatan yang cepat dan akurat tersebut dapat meningkatkan kesadaran masyarakat di wilayah setempat untuk melakukan uji berkala kendaraannya secara berkesinambungan.

"Karena salah satu tujuan pengujian kendaraan bermotor ini yaitu untuk memberikan jaminan keselamatan secara teknis terhadap pengguna kendaraan," kata dia.