Museum Timah salah satu destinasi wisata sejarah unggulan Bangka Barat

id museum timah indonesia muntok,destinasi wisata sejarah

Museum Timah salah satu destinasi wisata sejarah unggulan Bangka Barat

Museum Timah Indonesia Muntok. (FOTO ANTARA/Aprionis)

Pangkalpinang, Babel (ANTARA) - Kepala Museum Timah Indonesia (MTI) Muntok, Fakhrizal Abu Bakar mengatakan saat ini MTI Muntok di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung menjadi salah satu destinasi wisata unggulan setempat, yang tidak hanya bagi wisatawan namun juga tamu-tamu dari pemerintah daerah.

Ia menyebutkan dalam satu bulan MTI Muntok dikunjungi sekitar 2.000 wisatawan nusantara dan mancanegara dan pada hari-hari libur jumlah kunjungan biasanya jauh lebih meningkat.

"MTI Muntok tidak hanya menampilkan tentang sejarah pertimahan saja, namun juga menampilkan sejarah Kota Muntok, kerajinan Muntok, dan kebudayaan Muntok, Sejarah Perang Dunia II dan pengasingan Bung Karno," katanya di Pangkalpinang, Kamis.

Menurut dia dalam meningkatkan kunjungan wisatawan, PT Timah bekerja sama dengan pemerintah daerah, sehingga dapat meningkatkan pembangunan pariwisata di daerah ini.

"Kita sinergikan kalau mereka punya tamu mereka bawa kesini, program-program pariwisata juga kita dukung dengan Museum yang kita miliki, banyak tamu penting pemerintah daerah yang di bawa kesini dan kalau ada kunjungan pasti juga diarahkan ke museum," demikian Fakhrizal Abu Bakar.

Sementara itu, tokoh masyarakat yang juga Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Bangka Barat Muhamad Toha menyebutkan MTI Muntok yang dikelola PT Timah Tbk mendukung kemajuan destinasi wisata sejarah di pulau timah itu.

"Kehadiran MTI Muntok ini telah menjadi kebanggaan orang Bangka Barat, karena menjadi salah satu destinasi wisata sejarah timah dan perjuangan bangsa ini mengusir penjajahan," katanya.

Ia mengatakan kehadiran museum ini sangat dirasakan sekali masyarakat, apalagi banyak wisatawan domestik dan mancanegara yang datang ke Muntok mengunjungi Museum Timah dan Psanggarahan tempat pengasingan Presiden dan Wakil Presiden pertama Indonesia, Soekarno-Hatta dan tokoh-tokoh pejuang kemerdekaan bangsa lain.

"Museum yang dikelola PT Timah ini sangat mendukung pariwisata, karena menjadi destinasi sejarah bagi wisatawan dan masyarakat," katanya.