Instagram perketat pendaftaran dengan tanggal lahir

id instagram,tanggal lahir,keamanan siber,cybersecurity,facebook,keamanan instagram,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, ant

Instagram perketat  pendaftaran dengan tanggal lahir

Instagram meminta tanggal lahir untuk pengguna baru yang akan mendaftar. (ANTARA/HO Instagram Indonesia)

Jakarta (ANTARA) - Platform berbagi foto dan video milik Facebook Inc, Instagram, memperbarui sistem pendaftaran akun untuk menjamin keamanan para pengguna muda di jejaring sosial tersebut.

"Mulai hari ini, Instagram akan menanyakan tanggal lahir pengguna ketika mereka membuat akun di Instagram. Berdasarkan Ketentuan Penggunaan, pengguna harus berusia minimal 13 tahun untuk memiliki akun di sebagian besar negara," kata Instagram dalam keterangan pers, Kamis.

Instagram meminta pengguna yang akan mendaftar untuk memasukkan tanggal lahir agar tidak ada pengguna yang berada di bawah umur berada di platform tersebut.

"Dengan menanyakan informasi ini, Instagram dapat membantu mencegah orang yang belum cukup umur untuk bergabung dengan Instagram, menjaga agar para remaja menjadi lebih aman, dan secara garis besar memungkinkan Instagram menghadirkan pengalaman yang lebih sesuai dengan usia pengguna," kata Instagram.

Instagram menjamin data mengenai tanggal lahir pengguna tidak akan dapat dilihat orang lain, hanya pemilik akun yang bisa melihat informasi pribadi tersebut.

Jika akun Instagram terhubung ke akun Facebook, platform akan menambahkan tanggal lahir yang terdapat di profil Facebook. Tanggal lahir di Instagram juga akan berubah jika pengguna mengganti informasi tersebut di akun Facebook mereka.

"Informasi ini bukan informasi umum dan hanya pengguna yang dapat melihatnya ketika melihat informasi pribadi akun mereka di Instagram," demikian bunyi pengumuman Instagram untuk akun yang terhubung dengan Facebook.

Instagram juga akan menggunakan informasi usia pengguna untuk memberikan rekomendasi pengaturan privasi akun, terutama untuk pengguna berusia remaja.

Pembaruan lainnya, Instagram memberi kontrol bagi pengguna untuk mengatur siapa saja yang bisa mengirimi pesan lewat fitur Direct.

"Orang yang mengaktifkan pengaturan ini tidak akan lagi menerima pesan, permintaan pesan grup, atau balasan Stories dari orang-orang yang tidak mereka ikuti".

Pengguna bisa mengatur agar hanya orang yang mereka ikuti yang dapat mengirim pesan melalui Direct dan mengundang ke percakapan grup.