Dinsos Sumsel perhatikan kelayakan tempat tinggal lansia

id orang tua lanjut usia

Dinsos Sumsel perhatikan kelayakan  tempat tinggal lansia

Warga lanjut usia menunjukkan kreativitas diri saat mengikuti Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional 2019 di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, Bandung, Jawa Barat, Selasa (9/7/2019). ANTARA FOTO/Novrian Arbi/foc. (ANTARA FOTO/NOVRIAN ARBI)

Palembang (ANTARA) - Dinas Sosial Sumatera Selatan berupaya memperhatikan kelayakan tempat tinggal orang tua lanjut usia (Lansia) agar bisa menjalani kehidupan masa senjanya dengan nyaman dan di lingkungan yang sehat.

Bentuk perhatian yang diberikan kepada para lansia seperti membantu perbaikan kamar lansia dari kalangan kurang mampu, kata Kepala Dinas Sosial Sumsel, Rosyidin Hasan di Palembang, Jumat.

Perhatian kepada para lansia di provinsi dengan 17 kabupaten dan kota itu perlu terus ditingkatkan agar hidupnya layak dan tidak menimbulkan masalah sosial di sekitar tempat tinggalnya.

Program perbaikan kamar lansia untuk membantu masyarakat miskin yang telah lanjut usia agar hidupnya sejahtera dan tinggal di tempat yang layak telah berjalan dengan baik sejak beberapa tahun terakhir .

Untuk meningkatkan program tersebut pada tahun-tahun berikutnya, pihaknya berupaya melakukan evaluasi kegiatan yang telah berjalan selama ini dan mendata siapa saja masyarakat yang berusia lanjut pantas mendapatkan bantuan.

"Evaluasi dan pendataan dilakukan dengan menurunkan tim ke lapangan sehingga bisa dilihat secara langsung lansia yang layak dibantu," ujarnya.

Dengan pendataan itu, bisa dilakukan seleksi ketat siapa saja yang pantas dibantu dan mencegah terjadi pengucuran dana tidak tepat sasaran.

Bagi lansia yang memenuhi persyaratan itu, akan dilakukan perbaikan kamarnya dengan alokasi dana sekitar Rp10 juta per kamar, ujar Rosyidin.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar