Masalah kesehatan pemudik dominan ISPA dan batuk

id devi medis,kesehatan pemudik,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, jembatan ampera, wong palembang, wisat

Masalah kesehatan pemudik dominan ISPA dan batuk

Petugas kesehatan Pos Pelayanan Mudik 2019 di Pos Citra Raya, Kabupaten Tangerang, Banten, Devi Inggerianie memeriksa kesehatan pemudik dan petugas. (Antara/Adityawarman)

Tangerang (ANTARA) - Pelayanan Kesehatan Pos Pengaman Lebaran 2019 di Citra Raya, Cikupa Kabupaten Tangerang, Banten dominan menangani masalah kesehatan pemudik berupa  inpeksi saluran pernafasan atas (Ispa) dan batuk.

"Rata-rata yang diperiksa dan diberi obat itu selain Ispa dan batuk juga masalah pada lambung, pusing dan akibat kurang tidur," kata petugas kesehatan Pos Pelayanan Mudik 2019 di Pos Citra Raya, Devi Inggerianie di Tangerang, Selasa.

Pemudik yang mengalami penyakit tersebut karena salah satu penyebabnya  kurang istirahat dan kondisi tubuh saat menjalani puasa pada Bulan Ramadhan.

Namun petugas di pos pelayanan tersebut telah mencatat sebanyak 29 pasien yang dominan adalah penyakit ISPA, batuk, pusing dan lambung.

Pihaknya mengharapkan kepada pemudik, bila mengalami kelelahan dianjurkan untuk istirahat karena sering pusing dan perut melilit.

Menurut dia, setelah berbuka puasa disarankan untuk banyak minuman air putih karena membantu kesehatan selama dalam perjalanan mudik ke kampung halaman.

Dia menambahkan agar pemudik dapat menjaga pola makan yang sehat dan jangan yang serba cepat (instan) membeli makanan banyak mengandung garam dan pedas.

Petugas kesehatan dari Puskesmas Panongan, Kabupaten Tangerang itu menyarankan agar pemeriksakan kesehatan di pos yang sudah disediakan bila dalam perjalanan terasa kurang sehat.

Tim medis Lebaran 2019 Kabupaten Tangerang itu berada satu atap dengan Pos Pelayanan Pengamanan Lebaran 2019 di kawasan Citra Raya, Cikupa.

Petugas medis tidak hanya memeriksa kesehatan pemudik tapi juga petugas serta masyarakat sekitar yang membutuhkan bantuan.

Setiap hari petugas tersebut berkerja secara bergantian selama 24 jam yang berasal dari berbagai Puskesmas di Kabupaten Tangerang.

Petugas medis bergabung dengan aparat Polresta Tangerang, anggota Pramuka, Kodim 0510 Tigaraksa, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tangerang dan Dishub Banten, Satpol PP dan instansi terkait lainnya.