Dinkes OKU segera kampanyekan imunisasi measles rubella

id imunisasi measles rubella,dinas kesehatn,dinas kesehatan,berita sumsel,berita palembang,oku,virus penyakit campak

Dinkes OKU segera kampanyekan imunisasi measles rubella

Dokumentasi - Seorang ibu bersama anaknya mengikuti program Pekan Imunisasi. (ANTARA FOTO/Agus Bebeng)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan akan segera mengkampanyekan pentingnya pemberian imunisasi measles rubella atau virus penyakit campak bagi anak di wilayah itu.

"Dalam kampanye tersebut masyarakat khususnya para orang tua diberikan pemahaman tentang pentingnya imunisasi Measles Rubella (MR) bagi anak," kata Kepala Dinkes OKU, Husni Thamrin di Baturaja, Sabtu.

Kampanye imunisasi MR yang akan dilaksanakan pada Agustus hingga September 2018 sekaligus mensosialisasikan kepada masyarakat di wilayah itu terkait pentingnya memberikan imunisasi tersebut kepada anak agar terhindar dari penyakit campak.

Tujuan kegiatan ini agar masyarakat luas mengetahui apa itu penyakit campak dan rubella," tambahnya.

Dia menjelaskan, campak dan rubella adalah penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus dan gejala penularannya hampir menyerupai satu sama lain yaitu demam disertai ruam.

"Anak yang mengalami campak seringkali tampak terlihat lebih sakit, mata merah, batuk, dan sesak nafas, ujarnya.

Sebagai penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus, penderita campak akan sembuh dengan sendirinya, seiring waktu dan kekebalan tubuh ?melawan virus tersebut.

Namun campak juga dapat mematikan radang paru, menyebabkan diare dengan dehidrasi berat dan ensefalitis peradangan di jaringan otak dengan konsekuensi kecacatan seumur hidup jika penderitanya tidak meninggal dunia.

Selain itu, lanjut dia campak juga dapat menyebabkan kebutaan dan infeksi telinga tengah yang berisiko gangguan pendengaran.

"Untuk itu pentingnya anak diberikan imunisasi MR karena merupakan imunisasi massal sebagai pemutus transmisi penularan campak dan rubella tersebut," ungkapnya.

Dia berharap, kampanye imunisasi MR yang akan dilaksanakan nanti dapat menekan angka cacat ataupun kematian pada anak akibat penyakit campak tersebut.