Disdik Sumsel imbau kabupaten gelar vaksin MR

id vaksinmr,berita sumsel,berita palembang,vaksinasi MR,Measles Rubella

Disdik Sumsel imbau kabupaten gelar vaksin MR

Petugas menyuntikkan vaksin Campak dan Measles Rubella (MR) pada salah satu siswa Sekolah Dasar di lingkungan Sekolah Dasar Negeri. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan mengimbau pemerintah kabupaten/kota menggelar vaksinasi Measles Rubella (MR) untuk mengejar target yang telah ditetapkan.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Widodo di Palembang, Minggu, mengatakan, berbagai pihak diharapkan mendukung target tersebut mengingat capaian belum memuaskan.

"Ini bukan hanya tugas Dinas Kesehatan di tiap daerah melainkan perlu bantuan dan sinkronisasi dari instansi lain. Salah satunya Dinas Pendidikan Provinsi Sumatra Selatan yang turut mendongkrak pencapaian vaksinasi MR," kata dia.

Ia menerangkan, Disdik sudah mengimbau kepada semua Kepala Dinas Pendidikan di kabupaten/kota agar meminta kepada seluruh sekolah tingkat dasar di daerahnya untuk segera melaksanakan vaksinasi MR. Tentunya hal itu bekerja sama dengan Dinas Kesehatan setempat.

"Kami sudah memberikan imbauan kepada Disdik di 17 kabupaten kota di Sumsel untuk meminta sekolah dasar dibawah naungannya agar melaksanakan vaksinasi MR itu," kata dia.

Widodo menerangkan, imbauan dapat dilakukan melalui Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kota untuk maksud melaksanakan vaksinasi MR tersebut.

Menurutnya selama ini memang ditemukan banyaknya penolakan karena informasi yang simpang siur dan cenderung negatif.

"Untuk itu maka diperlukan penjelasan yang memadai oleh pihak otoritas dalam hal ini MUI dari sisi kehalalannya dan Dinkes dari sisi jaminan kemanfaatan dan ketiadaan efek negatifnya bagi anak yang bakal diimunisasi," kata dia.