RSUD Pemprov Sumsel segera dibuka

id Rumah Sakit Umum Daerah,RSUD Pemerintah Provinsi Sumsel,berita sumsel,berita palembang,rumah sakit tipe B,Kepala Dinas Kesehatan Sumsel Lesty Nurainy,

RSUD Pemprov Sumsel segera dibuka

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Sumatera Selatan. (ANTARA News Sumsel//Feny Selly)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Rumah Sakit Umum Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan segera dibuka karena akan menjadi rujukan bagi peserta Asian Games 2018.

Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Sumatera Selatan memang terus dikebut agar rampung sebelum Asian Games 2018, kata Kepala Dinas Kesehatan Sumsel Lesty Nurainy di Palembang, Kamis.

Dia mengatakan, diperkirakan pada Juni mendatang rumah sakit rujukan provinsi tersebut akan melaksanakan pembukaan.

Saat ini RSUD dalam proses sinkronisasi dan persiapan semua komponen yang terlibat dalam pelayanan.

Menurut dia, mengenai perkembangan lainnya saat ini secara keseluruhan perkembangan pembangunan RSUD Pemerintah Provinsi Sumsel telah mencapai 87 persen.

Sekarang tahap V ini pembangunan fisik selesai sampai lantai 5 dan interior selesai sampai lantai empat. Pekerjaan tahap VI selanjutnya menunggu proses lelang yang sedang berlangsung, ujar dia.

Dia mengatakan, rumah sakit ini nantinya merupakan rumah sakit rujukan provinsi dan merupakan rumah sakit tipe B dan menjadi tempat pendidikan.

"Mengenai keunggulan RSUD tersebut antara lain bagian kardiologi, ortopedi dan traumatologi serta `medical check up`," ujar dia.

Sementara kapasitas tempat tidur lebih dari 400 unit karena untuk memenuhi kebutuhan Sumsel yang masih kekurangan 1.400 tempat tidur dari seluruh kapasitas rumah sakit yang ada.

Dia mengatakan, pembangunan RSUD ini menggunakan dana APBD Sumsel termasuk juga peralatan medis dan non medis pada tahap awal.

Namun tahap selanjutnya atau tahun ini mendapatkan bantuan dana DAK dari APBN untuk pengadaan alat kesehatannya.