Minum kopi menjadi gaya hidup

id kopi, minum kopi, kopi gaya hidup, caffe, warung kopi, festival kopi, tren minum kopi

Minum kopi menjadi gaya hidup

Minuman Kopi. (Pixabay)

Humbang Hasundutan, Sumut (ANTARA Sumsel) - Minum kopi dewasa ini sudah dinilai sebagai gaya hidup dan seiring dengan itu kafe-kafe juga semakin banyak bermunculan menawarkan aneka cita rasa kopi.

Komunitas Horas Halak Hita (H3) Said Idrus di Humbang Hasundutan, Sabtu, mengatakan, saat ini tidak dapat dipungkiri bahwa kopi sudah menjadi gaya hidup sebagian masyarakat. 

Seiring dengan itu, seharusnya juga komoditas kopi harus terus dikembangkan sehingga petani juga harus dipacu dan diedukasi agar mutu dan kualitas biji kopinya semakin baik. 

Sebagai bentuk dukungan Pemkab Humbang Hasundutan terhadap agrowisata kopi Indonesia, khususnya kopi Sumatera Utara, bersama dengan Komunitas Horas Halak Hita (H3), digelar Festival Kopi berskala nasional di Taman Sipinsur yang bertajuk Coffee Fest Toba.

"Coffee Fest Toba yang digelar 2-3 Desember itu juga terbuka untuk umum, siapapun bisa datang mengunjungi festival ini dan menikmati kopi di Sipinsur. Ihsan Tarore, pemenang Indonesian Idol 2006 juga turun memeriahkan acara itu dengan menampilkan beberapa lagu," katanya.

Kopi Arabica merupakan salah satu komoditas unggulan di Sumatera Utara yang mulai diminati banyak orang. Penghasil utama kopi Arabica di Sumatera Utara adalah Kabupaten Dairi, Tapanuli Utara, Simalungun, Karo, dan HUmbang Hasundutan.

Kabupaten Humbang Hasundutan memiliki suhu udara berkisar antara 17°C -29°C dan berada diketinggian 1000-1400 mdpl didukung dengan jenis tanah, sangat cocok untuk perkebunan kopi.

Tanaman kopi, khususnya kopi Arabica baik dibudidayakan diatas ketinggian 1000 mdpl dengan suhu yang dibutuhkan berkisar 15°C ¿ 24°C derajat celcius. 

Kabupaten Humbang Hasundutan yang tersebar di kecamatan Lintongnihuta, kecamatan Dolok Sanggul, Paranginan, Pollung, dan Onan Ganjang.

Beberapa produk kopi Arabica yang terdapat di Sumatera Utara khas Humbang Hasundutan adalah kopi Lintong, dan Kopi Dolok Sanggul.

Kopi Arabica memiliki karakter yang kuat, mulai dari aroma, tekstur, dan rasanya. Rasa asam buah kopinya sangat melekat di mulut sehingga memiliki daya tarik tersendiri dan membuat nagih, cita rasa pahitnya terasa segar di mulut ketika meminumnya.