Lukisan asli norman rockmen "Tough call" terjual 1,6 juta dolar AS

id Norman Rockwell, wasit bisbol

Dallas (Antara/Reuters) - Lukisan asli seorang ilustrator Norman Rockwell yang bergambar wasit bisbol dan merupakan milik sebuah keluarga di Texas terjual di pelelangan seharga 1,6 juta dolar AS, menurut keterangan Heritage Actions pada Senin.

Lukisan asli tersebut yang disebut "Tough Call," menampakkan tiga wasit yang tengah merundingkan apakah akan menghentikan permainan saat hujan mulai turun.

Lukisan tersebut menjadi salah satu ilustrasi Rockwell yang paling terkenal setelah ditampilkan pada sampul majalah Saturday Evening Post pada 1949.

Rockwell memberi salinan yang ditandatangani kepada John "Beans" Reardon, seorang wasit baseball yang ada dalam lukisannya.

Sandra Sprinkle, cucu Reardon, kemudian mewarisi lukisan tersebut dan meletakkannya di atas perapian rumahnya di Dallas selama sekitar satu dekade, katanya.

Setelah kematian Sandra pada 2015, suaminya, Gene Sprinkle, menjual rumah tersebut dan pindah ke perumahan pensiunan. Di tempat itu, keponakan Sprinkle mengamati lukisan warisan dan melihat sapuan kuas pada lukisan tersebut.

"Kami selalu menganggapnya sebagai sebuah potret, tapi kami menggantungnya di atas perapian kami karena ditandatangani oleh Norman Rockwell untuk Beans Reardon," kata Gene Sprinkle melalui telepon pada Senin.

Sprinkle, pensiunan berusia 74 tahun, mengatakan bahwa dia menyetujui keputusan keponakannya untuk menghubungi Heritage Auction di Dallas, yang menentukan bahwa itu adalah lukisan cat minyak asli sebagai kajian untuk versi terakhirnya.

Pembeli lukisan tersebut telah meminta agar jati dirinya tetap dirahasiakan, menurut pejabat Heritage.

"Sandra dan kakeknya sangat dekat," kata Sprinkle.

"Kapan pun orang datang ke rumah kami untuk berkunjung, dia selalu bangga untuk memamerkannya dan menceritakan tentang kakeknya," tutupnya. (Uu.KR-DVI