Jejak Bumi Indonesia tanam 200 ribu bibit pohon cegah banjir

id Tanam pohon, pelestarian lingkungan, bibit tanaman, lahan kritis, JBI OKU

Jejak Bumi Indonesia tanam 200  ribu bibit pohon cegah banjir

Ketua JBI OKU Hendra Setyawan menanam bibit pohon produktif di lahan kritis, Selasa. (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Jejak Bumi Indonesia (JBI) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan menanam sebanyak 200 ribu bibit pohon produktif sebagai upaya penghijauan untuk mencegah bencana banjir dan tanah longsor di wilayah Sumsel.

Ketua Lembaga Lingkungan Hidup JBI OKU Hendra Setyawan di Baturaja, Selasa mengatakan bahwa gerakan menanam pohon ini dilakukan guna penghijauan terutama di lahan kritis di wilayah Sumsel.

Dalam gerakan tersebut pihaknya bersama masyarakat binaan JBI menanam sebanyak 200 ribu bibit pohon produktif di beberapa kabupaten/kota di Sumsel meliputi OKU, OKU Selatan, Muara Enim, Lahat, Pagar Alam dan Musirawas.

Adapun bibit yang ditanam mulai dari tanaman alpukat, durian, aren, nangka, pala, petai, jengkol, cempedak, kelor, jambu kristal, pinang, kelengkeng, hingga buah mangga.

"Bibit yang ditanam ini adalah jenis pohon produktif memiliki nilai ekologis dan bernilai ekonomi tinggi," katanya.

Hendra menjelaskan, program rehabilitasi hutan dan Daerah Aliran Sungai (DAS) ini menjadi agenda penting bagi Jejak Bumi Indonesia.

Gerakan menanam pohon ini dilakukan sebagai upaya menyelamatkan lahan kritis agar kembali produktif sekaligus melestarikan kawasan hutan lindung dan DAS supaya tetap lestari.