BMKG perkirakan hujan di sejumlah kota besar Indonesia

id BMKG,prakiraan cuaca,hujan,sabtu

BMKG perkirakan hujan di sejumlah kota besar Indonesia

Ilustrasi: warga berjalan menggunakan payung saat hujan di kawasan Kelurahan Gambir, Jakarta (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa/pri).

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan bahwa sebagian kota besar di RI mengalami hujan, seperti Padang, Medan, Jambi, Denpasar, Tanjung Selor, Palu, Mamuju, dan Jayapura.

Prakirawan cuaca BMKG Raeni Chindi mengatakan dalam pernyataan yang dikutip pada Sabtu, bahwa untuk pulau Sumatra, secara umum diperkirakan hujan dengan intensitas ringan untuk wilayah Padang, Pekanbaru, dan Tanjung Pinang.

Dia mengingatkan untuk waspada terhadap risiko hujan dengan intensitas lebat untuk wilayah Medan dan serta hujan disertai dengan kilat dan petir untuk Banda Aceh.

Secara umum diperkirakan berawan untuk wilayah Palembang, diperkirakan udara kabur untuk wilayah Lampung. Hujan dengan intensitas sedang untuk wilayah Pangkal Pinang, hujan dengan intensitas ringan untuk wilayah Bengkulu, dan waspadai adanya hujan disertai kilat dan petir untuk wilayah Jambi," dia menambahkan.

Adapun untuk Pulau Jawa, lanjut dia, secara umum diperkirakan berawan dan berawan tebal untuk wilayah Bandung, Yogyakarta, Serang, dan Jakarta, serta diperkirakan udara kabur untuk wilayah Semarang dan Surabaya.