Bulog jamin penuhi kebutuhan beras di OKU Raya hingga Desember 2024

id Stok beras, kebutuhan pangan, panen raya, OKU Timur, Bulog OKU

Bulog jamin penuhi kebutuhan beras di OKU Raya hingga Desember 2024

Kepala Bulog OKU Julkhaidar Romadhon (tengah) menyalurkan beras SPHP. (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Perum Bulog Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan menjamin memenuhi kebutuhan beras bagi masyarakat di OKU Raya hingga akhir tahun 2024.

Kepala Bulog OKU Julkhaidar Romadhon di Baturaja, Minggu,  mengatakan bahwa OKU Raya tersebut meliputi tiga kabupaten yaitu OKU, OKU Timur dan OKU Selatan.

Untuk memenuhi kebutuhan beras di tiga kabupaten tersebut saat ini pihaknya memiliki stok beras sebanyak 4.500 ton yang tersimpan di Gudang Bulog OKU di Kecamatan Martapura.

Stok yang tersedia ini merupakan hasil penyerapan beras pengadaan dalam negeri dari petani di Kabupaten OKU Timur yang melaksanakan panen raya pada periode Maret-Juni 2024.

"Kabupaten OKU Timur ini merupakan daerah lumbung pangan dengan hasil panen padi berlimpah meskipun musim kemarau panjang," ujarnya.

Bahkan, kata dia, untuk mencukupi kebutuhan masyarakat pihaknya mendapat tambahan stok beras sebanyak 2.000 ton dari pemerintah pusat yang saat ini dalam proses pengiriman ke Kabupaten OKU.

"Jadi totalnya ada sekitar 6.500 ton persediaan beras untuk memenuhi kebutuhan pangan bagi masyarakat di OKU Raya," katanya.

Ia optimistis persediaan yang ada tersebut dapat mencukupi kebutuhan pangan bagi masyarakat di tiga kabupaten tersebut hingga akhir tahun 2024.

"Kami optimistis mencukupi mengingat kebutuhan beras untuk masyarakat di OKU Raya hanya sekitar 1.000 ton/bulan," ujarnya.