KPAI: Jangan ada kekerasan dalam MPLS

id KPAI,masa pengenalan lingkungan sekolah ramah anak,MPLS ramah anak,perlindungan anak,MPLS

KPAI: Jangan ada kekerasan dalam MPLS

Anggota KPAI Klaster Pendidikan, Waktu Luang, dan Budaya Aris Adi Leksono (tengah) dalam kegiatan sosialisasi "Stop Bullying" di SD Negeri Keagungan 03, Jakarta. (ANTARA/HO-KPAI)

Jakarta (ANTARA) - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengajak semua pihak, khususnya satuan pendidikan dan orang tua, untuk mengawal kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) atau Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (Matsama) yang ramah anak dan anti kekerasan.

"MPLS jangan ternodai dengan kegiatan yang mengandung unsur kekerasan," kata Anggota KPAI Klaster Pendidikan, Waktu Luang, dan Budaya Aris Adi Leksono dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan bahwa secara umum, tujuan MPLS/Matsama memberikan bekal pengetahuan dan pengalaman terkait dengan program akademik dan non-akademik, tata tertib, serta pengenalan lingkungan satuan pendidikan.

Selain itu, mengenali potensi diri siswa baru, membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah, menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru, mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya.