Kemenkumham Sumsel catat 20 juta jaminanfidusiabelum dihapus

id Kanwil Kemenkumham Sumsel, catat, fidusia, jaminanfidusia, fidusia belum dihapus, sertifikat fidusia, leasing, kreditur

Kemenkumham Sumsel  catat 20 juta jaminanfidusiabelum dihapus

Kanwil Kemenkumham Sumsel sosialisasikan penghapusan jaminan fidusia. ANTARA/HO/Kemenkumham Sumsel/24

Palembang (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan mengoptimalkan penghapusan fidusia karena hingga Juni 2024 tercatat sekitar 20 juta lebih sertifikat jaminan fidusia belum dihapuskan.

"Berdasarkan data Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) Kemenkumham di wilayah provinsi ini masih terdapat 20.366.111 atau sekitar 74 persen sertifikat jaminan fidusia belum dihapuskan oleh penerima fidusia," kata Pelaksana Harian (Plh) Kepala Kanwil Kemenkumham Sumsel Rahmi Widhiyanti di Palembang, Selasa.

Untuk mengoptimalkan penghapusan fidusia, menurut Rahmi, pihaknya mengajak notaris menghapus register fidusia yang masa jaminannya telah berakhir, baik karena pelunasan piutang yang dijamin maupun kerusakan objek jaminan.

“Notaris sebagai pejabat publik yang diberi kewenangan untuk melakukan proses pendaftaran fidusia sangat berperan mendorong kreditur untuk mendaftarkan dan menghapus akta jaminan fidusia,” ujarnya.