Pj Bupati Muara Enim serahkan bantuan dan minta warga selalu waspada banjir kiriman

id sumsel, muara enim, banjir

Pj Bupati Muara Enim serahkan bantuan dan minta warga selalu waspada banjir kiriman

Penjabat Bupati Muara Enim A Rizali mengunjungi Posko Penanggulangan Banjir di Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim. Banjir di sana akibat luapan Sungai Enim. (ANTARA/HO/Diskominfo)

Muara Enim, Sumsel (ANTARA) - Penjabat Bupati Muara Enim A Rizali menghimbau semua warga yang tinggal di daerah  aliran Sungai Enim dan anak  sungainya untuk terus meningkatkan kewaspadaan terutama untuk daerah aliran sungai itu.

“Banjir semacam ini tidak bisa diprediksi kapan terjadinya karena bukan rutin tapi air yang datang dari hulu sungai akibat hujan lebat dalam waktu yang lama,” kata Rizali.

Rizali bersama Pj Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Hj Rose Mafiana turun langsung menemui warga terdampak banjir luaoan Sungai Enim di Tanjung Enim Kecamatan Lawang Kidul.


Pada kesempatan itu Pj Bupati menyerahkan bantuan secara simbolis baik itu yang bersumber dari Pemkab Muara Enim ataupun stakeholder lain,

Pj Bupati yang didampingi langsung oleh Camat Lawang Kidul Andrille Martin juga meninjau spot-spot pasca banjir termasuk mengecek kondisi tiga rumah warga Dusun Tanjung yang hampir terseret derasnya arus Sungai Enim.

Melihat kondisi ini, Pj Bupati meminta kepada warga masyarakat untuk tetap tenang dan sabar karena pemerintah beserta perusahaan hadir untuk menanggulangi ini.


Lebih lanjut, Pj Bupati meminta agar ke depan fenomena semacam ini tidak perlu disalahkan, tinggal bagaimana kita bisa mengatasinya terutama nanti di pemukiman warga yang daerahnya rawan tergerus air akan kita bangunkan tembok penahan (talud).

Tak lupa, selain mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, Pj Bupati menekankan kepada Camat Lawang Kidul untuk meningkatkan koordinasi dengan Camat Panang Enim dan Camat Tanjung Agung yang berada di daerah hulu sungai mengingat hujan tahun ini diperkirakan sampai akhir Juni.

“Tingkatkan koordinasi dengan para camat di daerah hulu sungai agar nanti jika air di hulu besar yang di hilir bisa bersiap, minimal bisa memberi tahu masyarakat untuk waspada akan terjadinya banjir,” pungkas Pj Bupati.

Hadir mendampingi Pj Bupati diantaranya Kadin Sosial, Kadin Kesehatan,  Kepala BPBD, dan Kepala PKP.