Bulan puasa berat badan naik, ini penyebabnya

id berat badan, nutrisi, bulan puasa

Bulan puasa berat badan naik, ini penyebabnya

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang dr. Dini Anggraeni saat berolahraga di Stadion Benteng Reborn beberapa waktu lalu. ANTARA/Irfan

Tangerang (ANTARA) - Konsumsi makanan pada bulan puasa harus mendapat peratian agar keseimbangan tubuh dan nutrisi tetap terjaga.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang, Banten mengungkapkan asupan nutrisi yang tidak terkontrol saat bulan puasa bisa menyebabkan berat badan naik.

"Masyarakat harus memastikan asupan nutrisi tetap terkontrol supaya berat badan tidak naik drastis," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dini Anggraeni di Tangerang, Kamis.



Ia mengatakan ada empat hal yang menyebabkan berat badan orang naik saat bulan puasa. Pertama adalah terlalu banyak makan manis.

"Setelah seharian menahan lapar dan haus, nafsu makan cenderung meningkat hingga kalap mengonsumsi makanan manis. Padahal, ini meningkatkan risiko obesitas." kata dia.

Kemudian, mengonsumsi makanan yang tidak sehat, seperti terlalu manis, berlemak, junk food atau makanan yang digoreng. "Makanan yang tinggi kalori, gula dan lemak jenuh serta rendah nutrisi bisa jadi faktornya," katanya.