Operasi pasar Pemkab OKU Selatan sasar masyarakat di pelosok desa

id Pemkab OKU Selatan, operasi pasar, pasar murah, bulan suci Ramadhan

Operasi pasar Pemkab OKU Selatan sasar masyarakat di pelosok desa

Warga Kabupaten OKU antre membeli sembako di pasar murah, Senin. (ANTARA/Edo Purmana/24)

Muaradua (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatera Selatan menggencarkan operasi pasar menjelang bulan suci Ramadhan 1445 Hijiriah yang menyasar pada masyarakat di pelosok desa.

Sekretaris Daerah Pemkab OKU Selatan, M Rahmattullah di Muaradua, Senin mengatakan bahwa operasi pasar ini merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah dalam mengendalikan inflasi dan membantu masyarakat agar mendapat barang kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

"Seperti kita ketahui bersama harga sejumlah barang kebutuhan pokok cenderung melonjak menjelang Ramadhan," katanya.

Oleh sebab itu, Pemkab OKU Selatan menggandeng Perum Bulog untuk menggelar operasi pasar di tiga titik kawasan meliputi Desa Simpang Agung, Desa Karang Agung, dan Desa Sinar Mulyo.

Dalam operasi pasar tersebut pihaknya menyiapkan sebanyak 1.250 paket sembako berisi 5 kilogram beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP), 1 kilogram minyak goreng dan satu kilogram tepung terigu.

"Setiap paket sembako ini dijual dengan harga lebih murah dari pasar yaitu seharga Rp77.000/paket," katanya.

Ia berharap dengan adanya operasi pasar tersebut dapat membantu meringankan beban masyarakat di tengah lonjakan harga barang kebutuhan pokok, terutama pada beras yang saat ini sedang melonjak di pasaran.

Sekda pun menambahkan, operasi pasar murah akan dilanjutkan di beberapa daerah lainnya di OKU Selatan, seperti Pasar Karet Kecamatan Buay Pemaca, Pasar Gunung Terang, Kecamatan Buay Sandang Aji (BSA), dan Pasar Jagaraga, Kecamatan Buana Pemaca.

"Operasi pasar ini juga nantinya dilanjutkan dengan menyasar pada masyarakat di wilayah perkotaan di Kabupaten OKU Selatan," ujarnya.