Menlu China akan bertemu penasihat Biden di tengah konflik LautMerah

id Houti Yaman,Menlu China,Amerika Serikat,berita palembang, berita sumsel

Menlu China akan bertemu penasihat Biden di tengah konflik LautMerah

Arsip - Kapal perang Israel setelah tentara Israel secara resmi mengumumkan pengerahan kapal rudal di Laut Merah pada 1 November 2023. (Kredit Foto: Pasukan Pertahanan Israel) (ANTARA/Anadolu)

Ankara (ANTARA) - China pada Jumat mengonfirmasi bahwa Menteri Luar Negeri Wang Yi akan bertemu dengan penasihat utama Presiden AS Joe Biden untuk urusan keamanan nasional, Jake Sullivan, di Bangkok selama kunjungan tiga hari ke Thailand.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin, mengatakan bahwa Wang Yi akan berada di Thailand hingga Senin atas undangan Wakil Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Thailand Parnpree Bahiddha-Nukara,

“Sesuai kesepakatan antara China dan AS, Wang Yi akan bertemu dengan Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan di Bangkok,” kata Wang.

Sebelumnya, harian Inggris Financial Times melaporkan bahwa Wang dan Sullivan akan mengadakan pembicaraan rahasia pada Jumat dan Sabtu di Thailand tentang upaya untuk memperbaiki hubungan antara Beijing dan Washington.

Kedua pejabat senior tersebut sudah pernah mengadakan dua pertemuan rahasia tahun lalu di Wina dan Malta. Pertemuan itu membuka jalan bagi Presiden Xi Jinping dan Biden untuk bertemu pada November tahun lalu, menurut laporan itu.

Hubungan antara AS dan China memburuk selama pemerintahan Donald Trump, terutama karena perang dagang. Sejak itu, ketegangan di antara kedua negara tetap tinggi, terutama karena konflik di Taiwan dan dugaan bahwa China telah menerbangkan balon mata-mata di wilayah AS.