PLTS PT Bukit Asam untuk pompa irigasi dorong produktivitas pertanian

id PLTS irigasi,Produktivitas pertanian,PT Bukit Asam

PLTS PT Bukit Asam untuk pompa irigasi dorong produktivitas pertanian

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) pada 2023 untuk menghidupkan pompa irigasi guna mendorong produktivitas pertanian.  (ANTARA/HO-PT Bukit Asam)

Jakarta (ANTARA) - Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang dibangun PT Bukit Asam Tbk (PTBA) pada 2023 untuk menghidupkan pompa irigasi di Desa Karang Raja Kecamatan Muara Enim Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, mendorong produktivitas pertanian.

Tercatat pada musim tanam ketiga ini, Desa Karang Raja mampu menghasilkan 5,5 ton beras dari September 2023 hingga Januari 2024 meskipun wilayah Muara Enim sedang dilanda kemarau pada masa tersebut.

Plt Camat Muara Enim, Husni Thamrin dalam keterangan diterima di Jakarta, Selasa, mengungkapkan manfaat PLTS irigasi yang telah beroperasi pada beberapa titik di Kabupaten Muara Enim.

"Air merupakan kebutuhan yang sangat krusial bagi petani. Kalau sudah ada PLTS, harapannya desa-desa lain dapat merasakan manfaatnya juga, sehingga bisa panen di saat yang bersamaan pula," ujar Husni.