Masata Sumsel optimalkan manfaat kartu super untuk berwisata

id kartu super, masata, kembangkan, wisatawan, berwisata, mudahkan berwisata, kartu diskon, diskon

Masata Sumsel optimalkan manfaat kartu super untuk berwisata

Ketua Masyarakat Sadar Wisata (Masata) Sumatera Selatan Herlan Aspiudin Assaf. ANTARA/Yudi Abdullah

Palembang (ANTARA) - Masyarakat Sadar Wisata (Masata) Sumatera Selatan meningkatkan manfaat
'Kartu Super Sumsel' yang selama ini bisa digunakan untuk mendapatkan diskon atau potongan harga sewa kamar hotel dan membeli cenderamata sehingga lebih memudahkan masyarakat berwisata.

"Kartu Super Sumsel yang pengembangannya sempat terganggu karena pandemi COVID-19 pada penghujung 2023 ini mulai dikembangkan kembali dengan manfaat yang lebih besar," kata Ketua Masata Sumsel Herlan Aspiudin Assaf di Palembang, Kamis.

Menurut dia, kartu diskon tersebut mulai dikembangkan untuk menunjang gaya hidup (lifestyle) seperti potongan harga untuk makan di restoran, kafe, karaoke, bengkel kendaraan, nonton film di bioskop, perawatan kecantikan dan spa.

Kemudian sedang dilakukan penjajakan untuk potongan tiket masuk destinasi wisata, tarif parkir di mal, dan berbagai sektor lainnya yang dapat memudahkan masyarakat untuk berwisata, menikmati berbagai hiburan, dan mendukung gaya hidup.

Untuk meningkatkan manfaat 'Kartu Super Sumsel', pihaknya terus melakukan pendekatan dengan pelaku industri pariwisata dan mitra Masata Sumsel yang ada di provinsi setempat dan daerah lain di Tanah Air bahkan di luar negeri.

Bagi masyarakat yang berminat menjadi anggota pemegang 'Kartu Super Sumsel' bisa melalui hotel dan agen wisata atau di gerai cenderamata saat melakukan kunjungan ke berbagai daerah di Sumsel dengan mengganti biaya cetak kartu Rp50.000.

Selain itu saat ini sedang disiapkan saluran anggota/member khusus melalui grup 'WhatsApp' dengan target 1.000 anggota sebagai langkah awal dan disiapkan aplikasi lainnya untuk menjangkau anggota yang lebih banyak

Melalui peningkatan manfaat dan pengembangan 'Kartu Super Sumsel' diharapkan dapat mendukung industri pariwisata bangkit pascapandemi COVID-19 dan memberikan keringanan biaya bagi wisatawan ketika melakukan kunjungan di 17 kabupaten/kota dalam wilayah Sumsel.

Kemudian diharapkan pada 2024 penggunaan kartu tersebut dapat berkembang ke wilayah provinsi tetangga seperti Lampung dan bahkan secara nasional serta internasional, ujar Herlan penggagas 'Kartu Super Sumsel' itu.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Masata Sumsel tingkatkan manfaat kartu super untuk berwisata