Kakanwil Kemenkumham Sumsel beri penguatan tugas-fungsi petugas Lapas Sekayu

id Kakanwil Kemenkumham Sumsel, penguatan, tusi, tugas dan fungsi, lapas, lapas sekayu

Kakanwil Kemenkumham Sumsel beri penguatan tugas-fungsi petugas Lapas Sekayu

Kakanwil Kemenkumham Sumsel beri penguatan tusi di Lapas Sekayu (ANTARA/HO/23)

Ingat 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju yakni deteksi dini, berantas narkoba, sinergisitas dengan APH
Palembang (ANTARA) - Kakanwil Kemenkumham SumselvIlham Djaya melakukan kunjungan ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Sekayu, Senin (18/12) dalam rangka penguatan tugas dan fungsi (tusi) kepada jajaran petugas lapas tersebut.

Kedatangan Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya beserta rombongan disambut dengan penuh kehangatan dan penuh kekeluargaan oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Sekayu bersama dengan jajaran.

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya terus melakukan kunjungan kerja dalam rangka monitoring pengawasan ke Jajaran UPT di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel yang bertujuan untuk menjaga semangat dan kinerja UPT dalam melaksanakan tugas.

Mengawali kegiatan, Kalapas Sekayu Yosef Leonard Sihombing menyampaikan tentang kondisi Lapas, SDM, dan WBP yang ada di Lapas Sekayu.

"Lapas Sekayu terdapat lebih kurang 1.048 WBP yang sebagian besar adalah tahanan perkara narkotika,  meski sudah overcrowded namun masih dalam keadaan kondusif, dengan berbagai program pembinaan, dan kondisi lingkungan lapas yang nyaman," ujar Kalapas.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya memberikan apresiasi Kalapas yang telah menciptakan kondisi lapas yang baik, bersih dan kondusif. 

Kakanwil menegaskan agar seluruh jajaran Lapas Sekayu melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab serta meningkatkan citra pemasyarakatan dengan memberikan pelayanan yang baik dan ramah kepada masyarakat. 

Ilham juga berpesan kepada seluruh jajaran agar terus melakukan deteksi dini terhadap potensi gangguan kamtib, tetap kompak, dan laksanakan tugas sesuai SOP. 

"Ingat 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju yaitu deteksi dini, berantas narkoba, sinergisitas dengan aparat penegak hukum dan back to basic," ungkapnya.

Lebih lanjut Kakanwil Kemenkumham Sumsel menyampaikan apresiasi serta rasa bangga atas torehan positif yang diraih Lapas Kelas II B Sekayu sebagai satker berpredikat WBK.

"Tentu ini adalah buah yang manis, hasil dari kerja keras jajaran Lapas Kelas II B Sekayu," ucap Kakanwil.

Kakanwil Ilham juga mengimbau kepada  jajaran pegawai Lapas Sekayu untuk terus meningkatkan kompetensi serta ilmu pengetahuan.

"Ini menjadi momentum buat kita untuk kembangkan ilmu dan wawasan kita untuk memberikan pelayanan pendidikan yang lebih maksimal lagi," tambah Ilham.

Terakhir, Kakanwil mengingatkan kepada jajaran pegawai Lapas Sekayu untuk tetap menjaga netralitas di tahun politik. 

"Selaku ASN kita wajib mensukseskan program pemerintah, salah satu di antaranya penyelenggaraan pemilu. Namun yang perlu menjadi catatan kita bersama dalam mensukseskan Pemilu 2024 kita harus berpegang dengan asas netralitas dimana kita tidak memihak calon manapun yang maju dalam kontestasi," ucap Ilham. 

Selain memberikan penguatan tugas fungsi, Kakanwil  Ilham juga melakukan peninjauan sejumlah titik di Lapas serta program pembinaan kemandirian Lapas.

Terkait kunjungan tersebut, Kalapas Sekayu Yosef Leonard Sihombing mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi ke Kakanwil Kemenkumham Sumsel.

“Kami berterima kasih dan mengapresiasi kunjungan bapak Kakanwil Sumsel Ilham Djaya  dalam memberikan dukungan dan penguatan bagi kami di Sekayu. Hal-hal yang menjadi atensi akan segera kami tindaklanjuti," ujar Kalapas Sekayu.

Turut hadir mendampingi Kakanwil Kemenkumham Sumsel pada kesempatan tersebut Kepala Divisi Administrasi Rahmi Widhiyanti, Rektor Institut Rahmaniyah Sekayu Wandi Subroto, dan Kepala Sub Bagian Kepegawaian, Tata Usaha dan Rumah Tangga Bulan Mahardika Subekti serta Kepala Sub Bagian Humas, Reformasi Birokrasi dan Teknologi Informasi Hamsir.