Banjir bandang Humbang Hasundutan disertai batu-batuan besar

id pemerintah kabupaten,banjir bandang, humbahas

Banjir bandang Humbang Hasundutan disertai batu-batuan besar

Tim gabungan saat melakukan operasi pencarian korban banjir bandang dan longsor yang terjadi di Kabupaten Humbang Husundutan Sumatera Utara pada Jumat malam (1/12/2023) (ANTARA/HO-Dok Basarnas)

Medan (ANTARA) - Material batu-batu  ukuran besar ikut terbawa banjir bandang di Humbang Husundutan Sumatera utara sehingga memberikan daya rusak signifikan.

Bupati Kabupaten Humbang Husundutan Dosmar Banjarnahor menyatakan sebanyak 14 rumah warga mengalami rusak berat akibat banjir bandang dan longsor dengan material bebatuan besar yang menerjang kawasan pemukiman di Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara pada Jumat malam (1/12).

"Bencana alam di Desa Simangulampe menyebabkan 14 rumah rusak berat dan 11 korban masih belum ditemukan serta satu orang ditemukan meninggal dunia," ujar Dosmar saat dihubungi di Medan, Sabtu.

Dosmar menjelaskan banjir bandang dan longsor yang terjadi pada Jumat (1/12) sekitar 21.30 yang dipicu curah hujan tinggi dengan intensitas tinggi itu mengakibatkan puluhan rumah mengalami kerusakan dan infrastruktur lainnya.

"Upaya keras masih dikerjakan untuk pencarian korban dengan sejumlah alat berat yang terdiri dari excavator ada dua unit, loader satu unit dan backhoe loader satu unit," kata dia.