Dokter beri saran latihan fisik bagi pasien diabetes dengan obesitas

id latihan fisik pasien diabetes,pasien diabetes dan obesitas,Dokter,Dr Cipto Mangunkusumo

Dokter beri saran latihan fisik bagi pasien diabetes dengan obesitas

Ilustrasi diabetes (ANTARA/Pexels/Nataliya Vaitkevich)

Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis rehabilitasi medik dari Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo dr Peggy, Sp.KFR, K.R(K) memberi saran latihan fisik bagi pasien diabetes dengan obesitas yakni bukan latihan yang kedua kaki menapak ke lantai atau tanah.

"Kalau pada obesitas, biasanya berat badan sudah berlebih sehingga beban ke sendi pun juga menjadi berlebih, yang awalnya tidak menjadi penyakit sendi menjadi penyakit sendi," ujar dia dalam acara kesehatan tentang "Mengelola Diabetes dengan Gaya Hidup Sehat" yang digelar RSCM secara daring, Selasa.

Latihan fisik yang dimaksud antara lain berjalan, jogging dan melompat karena sangat tinggi untuk terjadi pembebanan di sendi terutama kedua kaki. Peggy mengatakan pada mereka yang sudah memiliki penyakit sendi, latihan semacam ini akan memperparah penyakit sendinya.

Di sisi lain, penyakit sendi tidak hanya terbatas di kedua kaki, tetapi juga hingga ke pinggang sehingga pasien diabetes dengan obesitas dan penyakit sendi sebaiknya melakukan latihan fisik yang tidak menapak ke tanah.

Sementara itu, bagi pasien diabetes tanpa penyakit lainnya, sambung Peggy, tidak ada yang perlu dihindari. Mereka bisa lakukan latihan fisik sama seperti orang tanpa diabetes.