Pemahaman sejarah bagian penting rawat nilai kebangsaan

id Tata kelola musem,Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat, museum Indonesia

Pemahaman sejarah bagian penting rawat nilai kebangsaan

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat saat membuka diskusi daring bertema Tantangan Kebijakan dan Tata Kelola Museum di Indonesia yang digelar secara daring oleh Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu (11/10/2023). (ANTARA/HO-MPR RI)

Jakarta (ANTARA) -
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menyebutkan pemahaman sejarah merupakan bagian penting dalam merawat nilai-nilai kebangsaan yang tidak boleh dilepaskan dari hajat hidup orang banyak.
 
"Keberadaan museum yang baik merupakan bagian dari proses pemahaman sejarah yang sangat penting bagi penanaman nilai-nilai kebangsaan setiap warga negara," kata Lestaeri di Jakarta,  Kamis.
 
Ia mengakui persoalan tata kelola museum di Indonesia saat ini memerlukan kepedulian dan gerak bersama. Oleh karena itu, Lestari mendorong para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah untuk lebih peduli dalam perbaikan tata kelola museum.

Pembenahan tata kelola museum harus menjadi gerakan bersama, baik dari sisi kemauan politik (political will) pemerintah maupun partisipasi masyarakat dan komunitas.
 
"Terbengkalainya museum kita saat ini, karena museum dinilai tidak berkaitan langsung dengan kebutuhan hajat hidup orang banyak. Persepsi ini merupakan tantangan kita semua," kata Lestari sebagaimana keterangan tertulis diterima di Jakarta, Kamis.
 
Lestari menyampaikan hal itu saat membuka diskusi daring bertema Tantangan Kebijakan dan Tata Kelola Museum di Indonesia yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu (11/10), dalam rangkaian menyambut Hari Museum Nasional pada 12 Oktober.