Manajer timnas apresiasi IBL bolehkan pemain asing keturunan Indonesia

id ibl,jeremy imanuel santoso,berita sumsel, berita palembang

Manajer timnas apresiasi IBL bolehkan pemain asing keturunan Indonesia

Ilusterasi Logo IBL. (ANT/IBL)

Jakarta (ANTARA) - Manajer Timnas Bola Basket Indonesia Jeremy Imanuel Santoso mengapresiasi aturan baru Indonesia Basketball League (IBL) yang memperbolehkan penambahan pemain asing di kompetisi dengan syarat memiliki darah keturunan Indonesia.

"Rencana pembaruan aturan kompetisi di IBL dengan menambah jumlah pemain impor memberikan kesempatan bagi pemain berdarah keturunan Indonesia, lokal, dan naturalisasi merupakan terobosan yang pantas dilakukan oleh IBL," kata Jeremy sebagaimana dikutip dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Jeremy menilai aturan seperti itu memang sudah seharusnya diimplementasikan di liga basket Tanah Air mengingat negara-negara tetangga juga melakukan hal serupa.

Sebagai contoh, beberapa pemain timnas basket Thailand dan Vietnam adalah pebasket blasteran negaranya. "Seperti Thailand memiliki delapan pemain berdarah keturunan dan Vietnam sembilan pemain keturunan di skuad timnas mereka," katanya.

Dia mengatakan banyaknya pemain berdarah campuran di timnas Thailand dan Vietnam adalah hasil keterbukaan peraturan liga lokal pada masing-masing negara. Hal itu secara langsung juga meningkatkan kompetisi antarpemain lokal sekaligus melonjakkan kualitas liga tersebut.