Bupati OKU Timur sebut program LPMUKP tingkatkan perekonomian rakyat

id Dana permodalan, pembudidaya ikan, Kampung Patin,LPMUKP, Pemkab OKU Timur

Bupati OKU Timur sebut program LPMUKP tingkatkan perekonomian rakyat

Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur Lanosin Hamzah saat menghadiri sosialisasi program Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP) di Martapura, Sumsel, Selasa (15/8/2023). ANTARA/Edo Purmana

Martapura, Sumsel (ANTARA) - Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, Lanosin Hamzah menyebutkan permodalan dari Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan, dapat meningkatkan perekonomian rakyat, terutama pembudi daya ikan.

"Program ini tentunya diharapkan dapat mengembangkan Kampung Patin yang ada di OKU Timur," kata Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah saat menghadiri sosialisasi Program Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan di Martapura, Sumsel, Selasa.

Bupati menjelaskan LPMUKP merupakan badan layanan umum di bawah naungan Kementerian Kelautan dan Perikanan yang memiliki tugas utama dalam menyalurkan pinjaman atau pembiayaan dana.

Menurut dia, dengan adanya program ini, kata dia, tentunya dapat membantu dan mengembangkan usaha di bidang perikanan di OKU Timur.

Lanosin mengatakan peminjaman modal dari program ini sangat murah, sehingga para pelaku usaha dapat mengelolanya dengan baik dan bertanggung jawab.

Bupati optimistis dengan hadirnya program dari Kementerian Kelautan dan Perikanan ini mampu mempercepat pembangunan sektor perikanan di Kabupaten OKU Timur.

Sementara itu, Kepala Divisi Keuangan dan Pengelolaan Risiko LPMUKP Darmawan Sidik mengatakan akad kredit permodalan langsung bergulir ke pembudi daya ikan patin di Kabupaten OKU Timur.

Adapun modal usaha untuk budi daya Ikan Patin yang disalurkan melalui Koperasi Produsen Miina Mitra Mandiri yaitu sebesar Rp85,679 miliar.

"Dana permodalan ini kami salurkan sebagai bentuk komitmen LPMUKP bersama pemangku kepentingan dalam mendukung percepatan peningkatan hasil perikanan di Sumsel," ujarnya.