Wow, 27 kostum figur rempah dalam festival JPJR Belitung Timur

id Kostum figur rempah belitung timur,Belitung Timur tampilkan 27 kostum figur rempah,27 kostum figur rempah dalam festival

Wow, 27 kostum figur rempah dalam festival JPJR Belitung Timur

Pemkab Belitung Timur tampilkan 27 kostum figur rempah dalam festival JPJR, Minggu (16/7) (ANTARA/HO-Diskominfo)

Manggar, Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menampilkan sebanyak 27 kostum figur rempah dalam festival nasional Jelajah Pesona Jalur Rempah (JPJR) pada 2 hingga 6 September 2023.

"Saat ini 27 kostum figur rempah itu sedang melakukan proses photoshoot dan syuting di Kawasan Pengembangan Pariwisata Nasional (KPPN) Punai dan destinasi wisata prioritas Burung Mandi," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Belitung Timur Evi Nardi di Manggar, Minggu.

Ia menjelaskan, photoshoot dan syuting kostum figur rempah untuk memvisualisasikan rempah-rempah lokal dan kebudayaan yang merupakan hasil akulturasi budaya dari adanya jalur rempah nusantara dan dunia.

"JPJR Belitung Timur merupakan kegiatan pariwisata nasional berbasis kebudayaan yang sudah masuk dalam Karisma Event Nusantara dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Program Prioritas Jalur Rempah, Indonesiana dan Residensi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi," jelas Evi.

JPJR Belitung Timur2023 mengangkat Tema “Jejak Peradaban Urang Laut” karena Urang Laut atau lebih dikenal dengan Suku Sawang merupakan Suku Laut yang berkontribusi besar dalam peradaban dan sejarah panjang jalur rempah nusantara dan dunia.

Koordinator Tim Pokja Indonesia Zulfiandi mengatakan sebanyak 27 kostum figur rempah berasal dari HARPI Belitung Timur, sejumlah sanggar seni dan sekolah di daerah itu.