Banyuasin kolaborasikan sistem kendali berjaringan internet cegah karhutla

id karhutla,penanggulangan karhutla,sistem kendali internet,bupati banyuasin, askolani

Banyuasin kolaborasikan  sistem kendali berjaringan internet cegah karhutla

Bupati Banyuasin H Askolani saat memberikan sambutan pada silaturahim dengan Forkopimda dan pengusaha perkebunan di Banyuasin, dalam rangka kesamaan langkah dalam antisipasi karhutla. (ANTARA/HO/Ist).

Banyuasin, Sumsel (ANTARA) - Strategi pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel), memaksimalkan sistem kendali berjaringan internet, selain mengerahkan personel serta menyiapkan peralatan pemadam.

“Dalam waktu dekat akan mengaktifkan pos-pos karhutla dan kita akan memakai sistem kendali menggunakan internet," kata Bupati Banyuasin H Askolani di Banyuasin Sumsel, Jumat.

Bupati meminta seluruh pemangku kepentingan dan lapisan masyarakat untuk aktif membantu pelaksanaan tugas Satgas Penanggulangan Bencana Kekeringan dan Karhutla di Kabupaten Banyuasin.

Secara khusus Askolani bersama Kapolres Banyuasin AKBP Imam Syafi’i dan Dandim 0430/ Banyuasin Letkol CZI Agus Suwanto melakukan koordinasi tingkat Forkopimda serta mengumpulkan pimpinan perusahaan perkebunan terkait pencegahan dan penanganan karhutla yang ada di kabupaten tersebut. 

“Kebakaran hutan mengakibatkan berbagai dampak negatif yang luar biasa seperti kerusakan ekologis, menimbulkan asap yang dapat mengganggu kesehatan masyarakat dan mengganggu aktivitas transportasi darat, laut, dan udara”, ujarnya.

Ia berharap satgas bekerja maksimal dalam pencegahan dan penanganan karhutla, cepat tanggap terhadap titik api, potensi dini titik rawan hotspot, tetap utamakan kesehatan dan keselamatan dalam bertugas.

Sementara Kapolres Banyuasin AKBP Imam Syafi’i mengajak semua pihak agar terlibat dalam penanggulangan terhadap bencana alam.

“Dalam kesempatan ini saya juga mengingatkan agar semua pihak yang terlibat dalam penanggulangan bencana tetap menjaga kesehatan dan stamina fisik serta yang terpenting adalah agar menjaga keselamatan diri,” ujarnya.

Senada dengan Kapolres Banyuasin, Dandim 0430 Letkol Czi Agus Suwanto juga akan mengambil langkah-langkah taktis dan teknis dengan mengkoordinir semua sumber daya yang ada, baik sumber daya manusia dan sarana prasarana yang ada serta perlengkapannya untuk penanggulangan di lapangan.

"Ke depannya akan mengkolaborasikan personil dan kelengkapannya, ” tegas Dandim.