Pemkab OKU Timur salurkan bantuan modal usaha untuk santri pondok pesantren

id Modal usaha, santri ponpes, pondok pesantren, bibit ayam petelur, Pemkab OKU Timur

Pemkab OKU Timur salurkan bantuan modal usaha untuk santri pondok pesantren

Wakil Bupati OKU Timur Adi Nugraha Purna Yudha menyalurkan bantuan modal usaha untuk 30 pondok pesantren di daerahnya, Senin. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Martapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, menyalurkan bantuan modal usaha untuk para santri pondok pesantren (ponpes) agar mereka dapat berwirausaha sambil belajar agama.

"Bantuan ini kami salurkan untuk 30 pondok pesantren di OKU Timur, salah satunya Ponpes Al-Makmun di Desa Pemetung Basuki," kata Wakil Bupati OKU Timur Adi Nugraha Purna Yudha di Martapura, Senin.

Dia menjelaskan, program ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah daerah kepada kalangan santri yang sedang menimba ilmu agama di pondok pesantren.

Para santri diberikan modal usaha agar memiliki keterampilan berwirausaha di tengah kesibukan belajar di sekolah agama tersebut.

Bantuan modal usaha yang disalurkan berupa bibit ayam petelur, bibit sayuran, dan media tanam hidroponik.

Ia berharap bantuan tersebut dapat bermanfaat dan dikembangkan dengan baik oleh para santri untuk menambah pendapatan sehingga pondok pesantren lebih berkembang.

"Para santri dapat berwirausaha dengan beternak ayam petelur dan mengembangkan tanaman hidroponik agar pondok pesantren dapat menghasilkan penghasilan sendiri dari usaha yang dijalankan," harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan OKU Timur Onziar Dinata berharap program tersebut dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh santri dan seluruh pengurus pondok pesantren.

“Kami juga berharap program ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh lembaga pondok pesantren lainnya sebagai pengembangan wirausaha,” ujarnya.