Bantu kebugaran jamaah, seratusan petugas kesehatan haji berangkat lebih awal

id PPIH,Haji,Kesehatan,Petugas Penyelenggara Ibadah Haji

Bantu kebugaran jamaah, seratusan petugas kesehatan haji berangkat lebih awal

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief melepas petugas haji yang akan berangkat ke Arab Saudi di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Sabtu (20/5/2023). (ANTARA/HO-Kemenag)

Jakarta (ANTARA) -
Pemberangkatan jamaah haji akan bergulir pekan ini, tepatnya pada 24 Mei 2023.

Untuk memastikan pengawalan kesehatan para jamaah haji, tim kesehatan disiagakan dan diberanggkatkan lebih dulu.

Mereka akan penanganan medis, juga melakukan promosi kesehatan atau promkes melaui ddukasi kepada para jamaah haji selama di tanah suci,

Sebanyak 129 Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) bidang kesehatan akan diberangkatkan untuk mendampingi para jamaah dari Indonesia pada kloter pertama 24 Mei 2023 mendatang.
 
“PPIH yang diberangkatkan paling awal harus mempersiapkan fasilitas kesehatan terlebih dahulu, agar jamaah haji kloter pertama mendapatkan kesan yang bagus pada saat mereka tiba di tanah suci”, ujar Kepala Pusat (Kapus) Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Liliek Marhaendro Susilo pada keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.
 
Liliek menjelaskan, PPIH bidang kesehatan yang berangkat pada gelombang pertama adalah personel yang akan ditugaskan di daerah kerja (Daker) bandara, Daker Madinah, Tim Promosi Kesehatan, dan Emergency Medical Team (EMT).
 
"Petugas ini akan melakukan persiapan fasilitas kesehatan di Daker masing-masing, sehingga jamaah haji mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal saat tiba di tanah suci," tuturnya.
 
 
Dia juga menegaskan pada tim promosi kesehatan (Promkes) agar menentukan waktu yang tepat untuk memberikan edukasi kesehatan kepada jamaah haji.