Lembaga Pemenangan Pemilu PKB Sumsel gelar uji kelayakan bakal caleg

id LPP PKB Sumsel, pkb sumsel, uji kelayakan bakal caleg, bacaleg, calon anggota legislatif

Lembaga Pemenangan Pemilu PKB Sumsel gelar uji kelayakan bakal caleg

LPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) wilayah Sumsel menggelar uji kelayakan dan kepatutan bakal calon anggota legislatif. (ANTARA/Yudi Abdullah/23)

Palembang (ANTARA) - Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) wilayah Sumatera Selatan menggelar uji kelayakan dan kepatutan bakal calon anggota legislatif DPRD tingkat provinsi.

Uji kelayakan dan kepatutan (UKK) bakal caleg PKB itu berlangsung selama dua hari dari tanggal 28 - 29 Maret 2023 diikuti 73 orang bakal caleg, kata Ketua LPP PKB Sumsel Hernoe Roesprijadji di Palembang, Selasa.

Dia menjelaskan untuk melakukan uji kelayakan dan kepatutan bakal caleg, pihaknya melibatkan sejumlah tokoh dan akademisi setempat sebagai penguji eksternal dari berbagai latar belakang profesi.

Selain penguji internal, pihaknya juga melibatkan penguji eksternal dari berbagai latar belakang profesi dengan harapan dari UKK ini benar-benar menghasilkan bakal caleg yang terbaik dan mempunyai integritas tinggi untuk kepentingan bangsa.

"Kami sengaja melibatkan penguji eksternal sehingga bakal caleg yang terjaring memiliki kapasitas mumpuni serta berintegritas tinggi sebagai calon wakil rakyat provinsi Sumsel," ujarnya.

Sementara Ketua Dewan Pengurus Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa Sumsel Ramlan Holdan menjelaskan bahwa UKK tidak hanya dilakukan untuk bakal caleg DPRD provinsi saja, namun dilakukan juga terhadap bakal caleg tingkat kabupaten dan kota .

Melihat semangat bakal caleg PKB ini, pihaknya optimistis bisa meraih target yang sudah ditetapkan pada Pemilu 2024 yakni 12 kursi untuk DPR Provinsi Sumsel.

"Saya berharap bakal caleg yang diseleksi memiliki kualitas tinggi sehingga target PKB dan bangsa Indonesia bisa tercapai," ujarnya.

Demokrasi di Tanah Air semakin hari semakin mendapatkan tantangan, oleh karena itu PKB di bawah pimpinan Gus AMI insya Allah akan menjadi salah satu bagian untuk memperjuangkan dan mempertahankan serta mengembangkan sistem demokrasi konstitusional yang menjadi cita-cita para pendiri partai ini," kata Ramlan.