Pengunjung Goa Putri Kabupaten OKU tembus 1.230 orang selama Tahun Baru 2023

id Objek wisata, Goa Putri, pengunjung luar kota, liburan tahun baru, libur sekolah, Kabupaten OKU

Pengunjung Goa Putri Kabupaten OKU tembus 1.230 orang selama Tahun Baru 2023

Pengunjung tampak ramai memadati Gua Putri saat liburan Tahun Baru, Senin (2/1/2023) (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Jumlah wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Goa Putri di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan tembus sebanyak 1.230 orang selama masa liburan tahun baru 2023.

"Jumlah ini terdata hingga Senin (2/2) siang. Pengunjung terus berdatangan termasuk dari luar daerah seperti OKU Timur, OKU Selatan, Muara Enim dan Kabupaten Waykanan Lampung," kata Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan OKU, Feri Iswan didampingi Pengelola Goa Putri, Syarif Doman di Baturaja, Senin.

Dia menjelaskan, momen liburan tahun baru tahun ini jumlah pengunjung lebih banyak dibandingkan sebelumnya yang tidak sampai 1.000 orang wisatawan berkunjung ke objek wisata yang terletak di Desa Padang Bindu, Kecamatan Semidang Aji, Kabupaten OKU tersebut.

Menurutnya, jumlah kunjungan tersebut diprediksi akan terus meningkat hingga puncak liburan tahun baru dan libur sekolah pada Minggu 8 Januari 2023 mendatang.

"Target kami 6 ribu kunjungan wisatawan selama liburan tahun baru dan libur sekolah tahun ini," katanya.

Untuk mencapai target tersebut, kata dia, selain menghadirkan panorama wisata alam, di Goa Putri juga menyediakan fasilitas karaoke online dan penambahan lampu penerangan di dalam goa.

Dikatakan Syarif Doman, untuk tiket masuk ke kawasan objek wisata tersebut pengunjung cukup membayar Rp10.000/orang.

Sedangkan, tiket untuk kendaraan baik roda dua maupun roda empat ditarik karcis parkir sebesar Rp5.000/unit.

"Tiket masuk ini mengalami penurunan dari sebelum masa pandemi COVID-19 yaitu mencapai Rp16.000/orang karena disesuaikan dengan kondisi ekonomi masyarakat saat ini," katanya. Sementara itu, menurut Eman, salah seorang pengunjung warga Kabupaten OKU mengaku memilih liburan ke objek wisata Goa Putri karena jaraknya dekat dengan Kota Baturaja.

"Jaraknya tidak sampai satu jam menggunakan sepeda motor. Kalau ke luar kota takut karena virus Corona belum benar-benar usai," ujar dia.