600 pelari semarakkan 'Charity Run' di Kilang Pertamina Plaju Palembang

id lomba lari pertamina,pertamina plaju,lari 5k

600 pelari semarakkan 'Charity Run' di Kilang Pertamina Plaju Palembang

Sebanyak 600 lebih pelari menyemarakkan Charity Run sejauh lima kilometer berkeliling Komplek Pertamina Plaju Palembang pada Minggu (18/12/2022). Para pelari itu terdiri dari para pekerja, keluarga, mitra kerja dan peserta umum. (ANTARA/HO-Pertamina RU III/2022)

Palembang (ANTARA) - Sebanyak 600 lebih pelari menyemarakkan Charity Run sejauh lima kilometer berkeliling Komplek Pertamina Plaju Palembang pada Minggu (18/12/2022).

Para pelari itu terdiri dari para pekerja, keluarga, mitra kerja dan peserta umum.

Dimulai dari garis start di samping gedung aneka, para pelari kemudian mengelilingi rute yang telah ditentukan panitia menuju Jalan Kebon Jahe, Jalan Selatan hingga ke Jalan Antara dan berakhir finish di garis yang sama.

General Manager (GM) RU III Yulianto Triwibowo didampingi Executive General Manager (EGM) Pertamina Patra Niaga Sumbagsel Aji Anom Purwasakti melepas langsung para peserta di garis start, lalu ikut berlari bersama.

Dalam sambutannya, Yulianto mengatakan Pertamina sebagai perusahaan energi terbesar di Indonesia, menjadi entitas bisnis yang dijalankan oleh para pekerja yang sehat, bugar, fit to work demi kehandalan operasional.

Olahraga lari menurutnya telah menjadi salah satu budaya pekerja Pertamina, apalagi di Palembang berdiri Pertamina Runner Palembang di bawah pengelolaan Badan Pembina Olahraga dan Seni (Baporseni).

“RU III mendukung penuh setiap agenda mewujudkan kebugaran seperti Charity Run ini, semoga selepas agenda ini, kita semua membudayakan olahraga lari. Komperta Plaju dan Sungai Gerong punya udara sejuk yang segar dihirup setiap paginya,” ujar Yulianto.

Tak hanya diikuti oleh pelari dari Palembang, Charity Run yang dihelat oleh Pertamina Runner Palembang ini juga mengundang antusiasme atlet lari dari luar kota. Tercatat, ada peserta yang berasal dari Kota Prabumulih, bahkan Kota Lubuklinggau yang terletak di ujung Provinsi Sumsel.

Antusiasme juga tak hanya tampak pada pelari dewasa, namun juga pelari anak-anak dan remaja. Mereka menikmati panorama saat berkeliling Komplek Pertamina yang dipenuhi pepohonan rindang itu.

Tanpa rasa lelah yang berarti, mereka justru girang dan tampak sudah sangat biasa mengikuti event sejenis. Rasa lelah setelah berlari sejauh lima kilometer seketika hilang ketika para pelari akhirnya menyentuh garis finish dan mendapatkan medali dan undian doorprize.

Sambil Berdonasi Untuk Cianjur
Para peserta Charity Run, tidak hanya berlari, namun juga sambil berdonasi untuk korban gempa di Cianjur, Jawa Barat.  Donasi yang terkumpul berasal dari seluruh peserta Charity Run  yang berjumlah Rp40,3 juta.

Tak hanya itu, pada momen yang bersamaan juga GM RU III menyerahkan donasi yang terkumpul dari platform Sedekahnya Untuk Masyarakat (SENYUM), Serikat Pekerja Pertamina (SPP) RU III-FSPPB, Persatuan Wanita Patra (PWP) RU III, dengan total donasi dari keluarga besar Kilang Pertamina Plaju ditambah event Charity Run sebesar Rp318,56 juta.