Pemkot Palembang pastikan kebutuhan sembako dan obat-obatan bebas zat berbahaya

id sidak pasar palembang,operasi pasar,jelang natal dan tahun baru 2023,pemkot palembang,berita palembang

Pemkot Palembang pastikan kebutuhan sembako dan obat-obatan bebas zat berbahaya

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda di Palembang, Kamis (14/12/2022). (ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang memastikan kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako), obat-obatan, dan kosmetik yang beredar di pasaran kota ini bebas dari zat berbahaya seperti boraks dan formalin menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2023.

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda di Palembang, Kamis, mengatakan bahwa sembako, obat-obatan dan kosmetik yang beredar di pasar dipastikan aman karena pihaknya bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terus melakukan sidak ke pasar.

"Selain ke pasar-pasar, kami juga mengunjungi gudang penyimpanan makanan untuk memastikan bahwa produk tersebut benar-benar aman dikonsumsi masyarakat," katanya.

Selain itu, kegiatan sidak ini juga untuk memastikan jumlah stok yang tersedia mencukupi kebutuhan masyarakat menjelang Natal dan Tahun Baru 2023. Jika terjadi kekurangan maka ini yang menyebabkan ketidakstabilan harga.

"Kami juga mendatangi gudang penyimpanan Bulog untuk memastikan persediaan beras, gula, dan minyak goreng mencukupi," ucapnya.

Ia mengatakan menjelang hari besar keagamaan untuk sembako ini pasti mengalami kenaikan harga tetapi pihaknya terus mengupayakan agar kenaikan tersebut tidak terlalu signifikan.
Pemkot Palembang dan Bulog saat ini juga menggelar operasi pasar (OP) beras murah untuk mengantisipasi kenaikan harga beras menjelang Natal dan Tahun Baru 2023.

"Maka dari itu kami mengupayakan agar persediaan bahan sembako ini mencukupi sehingga harga sembako ini tetap stabil," ujarnya.

Dia mengimbau masyarakat untuk berhati-hati memilih produk dan cerdas memilih makanan, jangan sampai membahayakan mengkonsumsi produk makanan dan minuman yang tidak jelas atau kedaluarsa.