BMKG: Gerhana bulan total di Palembang diprakirakan petang ini

id BMKG, Gerhana Bulan Total, Palembang,gerhana bulan,gerhana total,berita palembang

BMKG: Gerhana bulan total di Palembang diprakirakan petang ini

Suasana terang bulan di Kota Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (8/11/2022) dini hari (FOTO ANTARA/M Riezko Bima Elko P/22)

Waktunya adalah sekitar pukul 17.15 WIB hingga 18.30 WIB
Palembang (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorolgi (Stamet) Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan memprakirakan fenomena Gerhana Bulan Total (GBT) di daerah ini berlangsung pada Selasa (8/11) petang.

"Waktunya adalah sekitar pukul 17.15 WIB hingga 18.30 WIB," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Stamet SMB II Palembang Veronica Sinta, saat dikonfirmasi di Palembang, Selasa.

Menurut dia, fenomena gerhana hari ini merupakan fase keempat sekaligus yang terakhir selama tahun 2022 yang dapat diamati dari Palembang, Sumatera Selatan dan umumnya Indonesia.

Ia menjelaskan ada tiga fase sebelumnya yakni, Gerhana Matahari Sebagian (GMS) pada 30 April 2022, Gerhana Bulan Total (GBT) 16 Mei 2022, lalu Gerhana Matahari Sebagian (GMS) 25 Oktober 2022, namun tidak dapat diamati dari Indonesia.

Menurut dia proses gerhana bulan total Selasa ini tidak seluruhnya bisa teramati, melainkan hanya pada fase mulai gerhana (U2) hingga puncak atau bulan tertutup sepenuhnya.

Baca juga: Kemenag ajak umat shalat khusuf saat gerhana bulan pada 8 November

"Itu pun diprakirakan peluangnya kecil untuk bisa teramati dengan mata telanjang, jika di lihat dari waktunya adalah jam 17.15 WIB hingga 18.30 WIB," ujarnya.

Masyarakat, kata dia, mesti menggunakan alat khusus seperti teleskop dan semacamnya karena matahari dalam posisi masih terang atau mungkin bisa teramati setelah Maghrib.

"Dengan catatan cuacanya mendukung atau tidak berawan hingga hujan ringan untuk kota Palembang," katana.

BMKG mengimbau masyarakat untuk waspada, khususnya yang bermukim di kawasan dataran rendah perairan sungai - laut.

Sebab, gerhana berimbas pada pasang surut laut yang bisa menyebabkan pasang air laut semakin naik.

"Jadi meski secara umum tidak berdampak langsung ke masyarakat tapi waspada harus tetap dilakukan," demikian Veronica Sinta.

Baca juga: Itera buka pengamatan gerhana bulan total dua lokasi di Lampung

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG prakirakan gerhana bulan total di Palembang Selasa petang