Dispar sebut belum ada rencana lomba bidar prestasi di Sungai Sekanak

id Sungai Sekanak Lambidaro,Lomba perahu Bidar,perahu bidar,HUT RI,kemerdekaan RI,berita palembang

Dispar sebut belum ada rencana lomba bidar prestasi di Sungai Sekanak

Penampilan finalis bujang gadis Palembang, Sumatera Selatan mengarungi Sungai Sekanak-Lambidaro menggunakan perahu pada acara peresmian sungai itu yang telah selesai direstorasi dikawasan Jalan Radial, pada Sabtu (5/2/2022) (ANTARA/M Riezko Bima Elko P) (ANTARA/M Riezko Bima Elko P)

Perlombaan bidar prestasi tersebut belum bisa di gelar di Sungai Sekanak-Lambidaro karena debit air permukaannya tidak memadai
Palembang (ANTARA) - Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Palembang, Sumatera Selatan Sulaiman Amin menyebutkan belum memiliki rencana untuk menggelar perlombaan perahu bidar prestasi di perairan Sungai Sekanak-Lambidaro.

Sulaiman Amin dikonfirmasi di Palembang, Jumat, mengatakan perlombaan bidar prestasi tersebut belum bisa di gelar di Sungai Sekanak-Lambidaro karena debit air permukaannya tidak memadai.

Sebab Sungai Sekanak-Lambidaro merupakan anak Sungai Musi, sehingga debit airnya mengikuti periode pasang-surut di induk sungainya itu.

Menurut pihak instansi terkait, katanya, periode pasang di Sungai Sekanak-Lambidaro berlangsung pada malam hari dengan ketinggian rata-rata 3-4 meter dan surut pada siang hari.

“Ini yang menyebabkan belum ada rencana untuk mengadakan lomba perahu bidar prestasi di Sungai Sekanak karena kendalanya itu,” kata dia.

Ia menyadari, banyak warga menyampaikan ke Dispar Palembang yang menginginkan ada perlombaan bidar diselenggara di Sungai Sekanak-Lambidaro di antaranya untuk memperingati HUT kemerdekaan RI ke-77 tahun ini.

Mengingat, kata dia, masyarakat menilai keberadaan Sungai Sekanak-Lambidaro yang baru selesai di restorasi dan letaknya di tengah Kota Palembang sehingga menjadi prospek untuk mengundang para wisatawan. Sekaligus juga masyarakat sudah menantikan tradisi perlombaan bidar yang vakum dua tahun terakhir karena COVID-19.

“Bukan tidak mungkin tapi masih ada tahapan yang masih harus dilakukan menyiapkan Sekanak Lambidaro untuk menggelar lomba atau kegiatan kepariwisataan air sejenis di atasnya,” kata dia.

Kendati demikian, ia menyampaikan, warga bisa kembali menyaksikan perlombaan perahu bidar pada momentum HUT Kemerdekaan RI ke77 tahun ini.

Perlombaan perahu bidar itu siap digelar pada Sabtu (20/8) - Minggu (21/8) pagi hingga petang yang berlangsung di Pelabuhan 35 Ilir (Musi VI) dan finis di Benteng Kuto Besak (BKB).

Dinas Pariwisata Kota Palembang mencatat sedikitnya sudah ada sebanyak sembilan tim atau sekitar 198 orang peserta yang mengkonfirmasi untuk berpartisipasi dalam perlombaan tersebut.

Sulaiman menyampaikan, dalam perlombaan tersebut juga diselenggarakan lomba parade perahu hias dengan jumlah perahu peserta sebanyak 36 unit.

“Kita obati kerinduan masyarakat itu, selain lomba juga ada hiburan musik menghadirkan artis ternama Ibu Kota di antaranya Irma Darmawangsa dan Glow Rossa pada acara yang akan dibuka langsung oleh Wali Kota Palembang Harnojoyo dan Gubernur Sumsel Herman Deru,” tandasnya.