GP Spanyol: Leclerc tercepat di FP2, Mercedes pamer kecepatan

id formula1,grand prix spanyol,charles leclerc

GP Spanyol: Leclerc tercepat di FP2, Mercedes  pamer kecepatan

Pebalap Ferrari Charles Leclerc dan pebalap Mercedes George Russell menjalani latihan di Grand Prix Spanyol, Sirkuit Barcelona-Catalunya.(20/5/2022) (ANTARA/REUTERS/ALBERT GEA)

Jakarta (ANTARA) - Charles Leclerc memimpin catatan waktu latihan bebas kedua Grand Prix Spanyol, di saat duet Mercedes merangsek ke peringkat tiga besar berbekal mobil W13 yang di-upgrade pada Jumat.

Leclerc, yang juta tampil tercepat di latihan pertama, mencetak lap terbaiknya pada sore hari dengan waktu satu menit 19,670 detik, yang menjadi catatan terbaiknya di kedua sesi latihan hari ini menggunakan F1-75 yang juga mendapat upgrade dari Ferrari.

Mercedes pernah tampil kencang pada Jumat dua pekan lalu di Miami dan mengulangi penampilannya di Sirkuit Barcelona-Catalunya saat George Russell finis P2 dengan margin 0,117 detik dari Leclerc, dan kurang dari sepersepuluh detik mengungguli rekan satu timnya Lewis Hamilton, demikian catatan laman resmi Formula 1.

"Mobil ini benar-benar bereaksi secara berbeda dan kami memiliki limit yang berbeda kali ini," kata Russell dikutip Reuters.

"Kami sama sekali tidak mengalami 'porpoising' di lintasan lurus tapi kami mengalami sedikit banyak ketika di tikungan," pebalap Inggris itu menambahkan.

Bos tim Red Bull Christian Horner pun mewaspadai kebangkitan Mercedes yang tampil kencang hari ini.

Pebalap tuan rumah Carlos Sainz membawa mobil Ferrari kedua ke P4, di saat Max Verstappen menjadi pebalap Red Bull teratas di P5, 0,336 detik dari Leclerc, rival utamanya di klasemen.

Fernando Alonso menjadi pebalap Spanyol kedua di enam besar ketika ia berjarak hanya 0,2 detik dari catatan waktu terbaik Verstappen menggunakan mobil Alpine, dan mengungguli pebalap Red Bull kedua Sergio Perez, yang pada sesi latihan pertama meminjamkan mobilnya ke pebalap muda Juri Vips.

Sebastian Vettel mengamankan P8 untuk Aston Martin yang mendapati upgrade signifikan di mobil AMR2-nya.

Esteban Ocon dari tim Alpine serta pebalap Haas Mick Schumacher melengkapi sepuluh besar.

Vallteri Bottas melaju hanya dua putaran sebelum menepikan mobil Alfa Romeo-nya di Tikungan 2 setelah melaju 10 menit karena mengalami masalah teknis.