Rudy Gobert dinobatkan sebagai Pemain Defensif Terbaik NBA Tahun Ini

id rudy gobert,utah jazz,nba,bola basket

Rudy Gobert dinobatkan  sebagai Pemain Defensif Terbaik NBA Tahun Ini

Pebasket LA Clippers Kawhi Leonard (2) berebut bola dengan pebasket Utah Jazz Rudy Gobert (27) pada pertandingan semifinal wilayah barat NBA Playoff gim pertama di Salt Lake City, Utah, Rabu (9/6/2021). Utah Jazz memenangi pertandingan dengan skor 112-109. ANTARA FOTO/USA TODAY Sports vis Reuters/Jeffrey Swinger/pras.

Jakarta (ANTARA) - Tampil gemilang saat membawa Utah Jazz memetik kemenangan dalam laga pembuka semifinal Wilayah Barat, Rudy Gobert dinobatkan sebagai Pemain Defensif Terbaik NBA Tahun Ini.

Gobert menjadi pemain NBA keempat yang sudah mendapatkan penghargaan tersebut sebanyak tiga kali. Tiga pemain lainnya, yakni Dwight Howard (tiga kali) serta Dikembe Mutombo dan Ben Wallace (masing-masing empat kali).

Gobert juga meraih penghargaan tersebut selama musim 2017-18 dan pada musim 2018-19. Dari 100 penulis dan penyiar olahraga yang memberikan suara, Gobert yang berusia 28 tahun itu menerima 84 suara, di urutan pertama, dan 464 poin.
 

Sementara Ben Simmons dari Philadelphia 76ers berada di urutan kedua dengan 287 poin dan 15 suara. Kemudian Draymond Green dari Golden State Warriors, yang pernah memenangkan penghargaan tersebut setelah musim 2016-17, berada di urutan ketiga dengan 76 poin.

Pemungutan suara untuk urutan pertama bernilai lima poin, urutan kedua bernilai tiga poin dan urutan ketiga bernilai satu poin. Pemungutan suara itu didasarkan pada penampilan pemain selama musim reguler saja.

Dikutip dari Reuters, Kamis, Gobert rata-rata mencetak 13,5 rebound per gim dan memimpin NBA dengan 10,1 rebound defensif per gim. Dia juga memimpin liga dengan 190 blok dan berada di urutan kedua dengan rata-rata 2,7 blok per gim.

Dengan keunggulan Jazz 112-109 pada gim pertama semifinal Wilayah Barat mereka melawan Los Angeles Clippers, Selasa (8/6), Gobert memblokir upaya tiga poin terakhir Marcus Morris Sr. untuk memastikan kemenangan Utah.

Dalam pertandingan 14 Maret melawan Warriors, Gobert membukukan 28 rebound, yang tertinggi sepanjang musim ini. Kemudian pada pertandingan 22 Maret melawan Chicago Bulls, ia memblokir sembilan tembakan, yang tertinggi selama perjalanan kariernya.